Kapoldasu Gagas Pemanfaatan Lahan Tidur, Aktifis Sumut : "Fokus Aja Berantas Narkoba, Judi, Aliran Dana APIN BK"

Kapoldasu Gagas Pemanfaatan Lahan Tidur, Aktifis Sumut : "Fokus Aja Berantas Narkoba, Judi, Aliran Dana APIN BK"

Photo : Johan Merdeka Aktifis Sumut

Medan - Berdasarkan Informasi yang di himpun awak media,Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, menggagas pemanfaatan lahan tidur seluas dua hektar untuk menanam cabai dan bawang.

Tak hanya itu, diminta kepada 24 polres jajaran Polda Sumut melakukan hal yang sama sehingga program ini juga mampu menyerap banyak tenaga kerja (padat karya).

“Saya melihat di Sumatera Utara banyak lahan tidur yang tidak dimanfaatkan lalu berkoordinasi dengan gubernur sehingga bisa menciptakan dua hektar perkebunan cabai dan bawang,” katanya didampingi Waka Polda Sumut, Brigjen Pol Dadang Hartanto, Kamis (13/10/2022).

Panca mengungkapkan, dalam program ketahanan pangan ini, Polda Sumut sengaja menggandeng petani lokal menjadi mitra.

“Maka kami mengajak mereka menjadi mitra mengelola perkebunan ini dan setelah panen lalu dijual dimana hasilnya dibagi dua,” ungkapnya Polda Sumut akan berkoordinasi dengan pemda setempat agar para petani tidak lagi dipermainkan para tengkulak.

“Dinas terkait dan koperasi harus berperan, termasuk dalam pengendalian harga barang pokok di sini. Dulu harga cabai dan bawang sempat tinggi sekali, dengan program ini diharapkan tak ada lagi spekulasi harga,” ujar Panca.

Kapolda menambahkan hasil panen cabai tersebut nanti dibagi hasil dengan para petani yang menanam.

“Untuk mencegah spekulasi harga pangan nanti semua pihak harus bersinergi. Daerah yang kekurangan bahan pokok tertentu harus disupport daerah lain sehingga tidak ada inflasi yang berlebihan,” pungkasnya.

Johan Merdeka Aktifis Sumut mengatakan agar Kapolda Sumut fokus pada penanganan pemberantasan narkoba, judi termasuk harus di usut aliran dana APIN BK selama ini

"Pak Kapoldasu, Kami minta Fokus saja ke Pemberantasan Narkoba dan Judi, Apalagi Apin BK dah Ketangkap, Usut Aliran Dananya Kemana aja, kalau untuk pemanfaatan lahan tidur dan Ketahanan Pangan, percayakan saja ke Dinas Terkait" pungkasnya, Jum'at (14/10/2022).**