Persemian Dibanjiri warga

Tahap Pertama Rampung, Pembangunan MRT Tahap II Tinggal Hitungan Hari

Tahap Pertama Rampung, Pembangunan MRT Tahap II Tinggal Hitungan Hari

Kabar Bisnis - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bulan depan sudah mulai lagi pembangunan MRT Jakarta Fase II, hal ini setelah hari ini Presiden Joko Widodo meresemikan tahap pertama. Jokowi sempat mencoba kenyamanan kereta angkutan cepat ini dengan diiringi ribuan warga dari Stasiun Istora ke Bundaran HI.

Jokowi ini meresmikan pengoperasian kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase I dan pencanangan pembangunan MRT Jakarta Fase II di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat, Minggu (24/3/19).

Pembangunan selanjutnya dari Bunderan Hotel Indonesia menuju Jakarta Kota akan mulai didikerjakan pada tahun ini. Saat ini beberapa kontraktor pun sudah mulai menyatakan minatnya untuk pembangunan Fase II ini.

"Akhir bulan ini atau awal bulan depan sudah mulai tender dan kontraktornya sudah ada, persiapan teknis sudah rampung," katanya, Minggu (24/3/19).

Dkatkannya, untuk lelang peket CP200 yakni pembangunan gardu bawah tanah di Monumen Nasional (Monas) sudah selesai dilakukan, "Tinggal sedikit lagi," katanya.

Rencana rute selanjutnya dalam proses pelelangan CP201 ini yaitu dari, Bundaran HI ke Harmoni. Kemudian akan mulai pelelangan-pelelangan selanjutnya.

Di samping itu, secara bersamaan pihaknya juga akan mulai melakukan proses pembebasan lahan dan penanganan utilitas. Dengan begitu, diharapkan proses pembangunan Fase II ini akan rampung pada 2024 mendatanf.

"Kalau di mulai tahun ini ontime maka MRT Fase II, Bundaran H - Jakarta Kota akan diharapkan selesai 2024," imbuhnya.

Adapun dalam Fase II ini terdapat 8 stasiun pemberhentian. Yakni mulai dari Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Manga Besar, Glodok, dan Kota.**