Irjen Pol Mohammad Iqbal Pimpin Apel Ops Zebra Lancang Kuning 2022

Irjen Pol Mohammad Iqbal Pimpin Apel Ops Zebra Lancang Kuning 2022

Pekanbaru - Mulai Hari ini hingga 16 Oktober 2022 mendatang Kepolisian Daerah Polda Riau menggelar Apel gelar pasukan Operasi Zebra Lancang Kuning 2022.

Diketahui sebelumnya, Polda Riau menggelar Ops Zebra Lancang Kuning 2022 resmi dimulai hari ini Senin (3/10/2022) hingga Ahad (16/10/2022) mendatang. Adapun tema operasi kali ini adalah tertib berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi.

Ada 7 sasaran serta penindakan pelanggaran. Yakni tidak memakai helm SNI dan sabuk pengaman, menggunakan HP saat berkendara, berboncengan lebih dari 1 orang, pengendara dibawah umur, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan melawan arus dan pelanggaran kasat mata lain nya.

Tanda dimulainya operasi ini dilakukan apel gelar pasukan dipimpin langsung oleh Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, di halaman Mapolda Riau, Apel ini dihadiri seluruh personel yang terlibat dalam pelaksanaan operasi zebra.

Kepada para personel, Irjen Iqbal memberikan pesan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kemudian mencegah dengan maksimal potensi kecelakaan lalu lintas.

“Dan yang paling penting, agar seluruh personel jangan sesekali bersikap arogan kepada masyarakat. Tadi saya sudah sampaikan pimpinan harus turun, nanti menyapa mengingatkan teman-teman pengguna jalan,” sebut Irjen Iqbal.

Kapolda menjelaskan, dalam operasi ini ada 840 personel yang diturunkan. Jumlah ini terdiri dari personil Ditlantas Polda sebanyak 120 personel dan 720 dari polres jajaran. Kata Kapolda, operasi mengedepankan kegiatan edukatif, persuasif, humanis dan gakkum terhadap pelanggaran kasat mata.

“Operasi ini bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, Lakalantas dan fertilitas serta meningkatnya disiplin berlalu lintas,” katanya.**