Amplas Tipe A Menyamai Pasilitas Bandara, Pemkot Medan Diminta Tertibkan Terminal Bayangan

Amplas Tipe A Menyamai Pasilitas Bandara, Pemkot Medan Diminta Tertibkan Terminal Bayangan

Medan - Saat meninjau Terminal Tipe A Amplas bersama Wali Kota Medan Bobby Nasution, Sabtu (24/9/22) kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta Pemko, TNI/Polri, dan unsur terkait lainnya untuk menertibkan bus di terminal bayangan di luar Terminal Tipe A Amplas, Medan, Sumatera Utara.

“Kita telah membangun Terminal Tipe A Amplas yang menurut saya salah satu terminal terbaik di Indonesia yang kualitasnya tidak kalah dengan bandara,” ucapnya melalui keterangan tertulis KeMenhub. Karena kata Budi, pemerintah telah membangun Terminal Tipe A Amplas sebagai salah satu terminal terbaik di Indonesia.

“Ini menjadi pusat integrasi antarmoda. Untuk itu saya mohon dukungan Wali Kota dan Dandim untuk melakukan penegakkan hukum bagi operator bus yang melakukan kegiatan di luar terminal,” ujar Menhub. 

Budi berpendapat, terminal tersebut akan berfungsi dengan baik jika semua bus yang beroperasi menggunakan terminal itu dimana pemerintah ingin memastikan pembangunan infrastruktur yang dilakukan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Terminal ini akan berfungsi dengan baik apabila semua bus-busnya pindah ke sini. Di dalam terminal lebih tertata dengan baik dan nyaman, ada bus antarkota dan angkutan dalam kota. Dibandingkan di luar terminal, penumpang harus lari-lari dan macet,” katanya.

Ia juga memerintahkan jajaran Ditjen Perhubungan Darat untuk melakukan pertemuan berkala dengan pihak Pemkot Medan dan unsur terkait, guna memastikan penegakan hukum dijalankan dan fungsi dari terminal menjadi lebih optimal.**