Media Asing Beritakan Anies Baswedan, Siap Maju Jadi Capres 2024

Media Asing Beritakan Anies Baswedan, Siap Maju Jadi Capres 2024

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Jakarta - Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta menyatakan dirinya siap menjadi calon Presiden 2024. Dia mengaku siap nyapres jika ada partai yang mengusungnya. Hal itu disampaikan Anies saat diwawancarai oleh Reuters di Singapura. Reuters memuat pernyataan Anies dalam artikel berjudul 'Popular governor of Indonesian capital 'prepared' to run for president'.

“Saya siap mencalonkan diri sebagai presiden jika sebuah partai mencalonkan saya," kata Anies dalam sebuah wawancara di Singapura seperti dilansir dari Reuters, Jumat (16/9/22).

Anies menambahkan dirinya tidak menjadi anggota partai memungkinkan “ruang untuk berkomunikasi dengan semua faksi”. Dia juga bicara soal hasil survei terhadap dirinya.

“Survei yang tidak diminta ini terjadi bahkan sebelum saya berkampanye, saya pikir mereka memberi saya lebih banyak kredibilitas,” ujar Anies.

Lebih lanjut reuters juga mengulas soal posisi Anies sebagai gubernur satu kota terbesar di Asia Tenggara yang sering dianggap sebagai batu loncatan menuju kursi kepresidenan dengan memberi contoh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan Gubernur DKI dua tahun sebelum menang Pilpres 2014.

Kritik atas kemenangan Anies pada 2017 diraih saat ada kelompok-kelompok Islam melakukan agitasi selama berbulan-bulan terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok karena kasus penodaan agama. Anies saat itu dianggap tidak berbuat banyak untuk memperbaiki polarisasi yang terjadi.

Namun, Anies menyatakan kebijakannya sebagai Gubernur DKI Jakarta telah “mempersatukan rakyat Jakarta”.

“Dulu, orang berasumsi tentang saya dan apa yang saya perjuangkan dan apa yang akan saya lakukan di kantor. Sekarang, saya telah menjabat selama 5 tahun, jadi nilailah saya berdasarkan kenyataan dan rekam jejak,” tutupnya.**