Korban Gempa Provinsi Sichuan Terus Bertambah, Hari ini 74 Orang

Korban Gempa Provinsi Sichuan Terus Bertambah, Hari ini 74 Orang

Beijing - Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 6,6 yang sebelumnya dilaporkan pemerintah setempat Magnitudo 6,8 mengguncang area berjarak 43 kilometer sebelah tenggara kota Kangding, Provinsi Sichuan, pada Senin (5/9) waktu setempat.

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi kuat yang mengguncang Provinsi Sichuan, China, bertambah menjadi 74 orang. Ribuan orang dievakuasi ke tempat-tempat pengungsian, sementara hujan deras yang mengguyur berisiko memicu lebih banyak tanah longsor.

Survei Geologi Amerika Serikat atau USGS melaporkan gempa itu berpusat di kedalaman 10 kilometer dari permukaan Bumi.

Surat kabar pemerintah China, People's Daily, melaporkan sedikitnya 34 orang tewas di kota Ya'an, Provinsi Sichuan, sedangkan 40 orang lainnya dilaporkan tewas di wilayah Ganzi.

Lebih dari 21.000 orang, menurut laporan televisi pemerintah CCTV, telah dievakuasi dari daerah rawan longsor atau rawan bangunan runtuh.

Tim penyelamat masih menyusuri desa-desa terpencil di area pegunungan barat daya dalam upaya mencari korban selamat gempa tersebut, dengan puluhan orang diyakini terjebak atau hilang.

"Kepala saya terjepit di antara dua tiang, dan kaki saya tertimpa meja. Saya hanya bisa berbaring dalam satu posisi, pasrah pada nasib saya. Saya tidak tahu siapa yang menyelamatkan saya," tutur salah satu korban gempa yang terjebak reruntuhan hotel di kota Moxi selama nyaris lima jam. (Dilansir AFP, Rabu, 7/9/22),**