Mau Tahu Cara Masak Sayur Lodeh Khas Gunungkidul

Denny Baswir
Share :
mau-tahu-cara-masak-sayur-lodeh-khas-gunungkidul

Kabar Dapur - Sayur lodeh khas Gunungkidul, Yogyakarta jarang muncul di daerah asalnya sayur lodeh ini bernama Jangan Lombok Ijo, tak jauh berbeda dari sayur lodeh,  terbuat dari tempe, cabai hijau, cabai rawit, dan kacang panjang yang diberi kuah santan.

Jangan Lombok Ijo sebenarnya sudah ada sejak lama, masyarakat Gunungkidul sering menjadikan sayur ini sebagai santapan sehari-hari. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga dipercaya dapat menambah nafsu makan dan tenaga.

Mau memasak sesuai daerah asalnya, berikut ini bahan dan caranya:

Bahan berupa papan tempe dipotong sesuai selera, 4 buah terong hijau, 4 batang kacang panjang, 3 buah cabai hijau besar, 1 buah cabai merah besar, 10 buah petai, 2 lembar daun salam, 2 ruas lengkuas, 6 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 100 ml santan kental, Air secukupnya, Garam, gula, kaldu jamur secukupnya.

Cara membuat, Tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, dan lengkuas hingga harum, masukkan kacang panjang, terong, cabai hijau, cabai merah, lalu masak hingga sedikit layu, setelah itu tambahkan air jika terlalu kering agar tidak gosong, lalu masukkan tempe, beri sedikit santan dan air dan tambahkan sisa santan dan air, lalu bumbui dengan garam, gula, dan kaldu jamur sesuai selera, masak hingga air menyusut dan bumbu meresap. Jika rasa sudah pas, matikan apinya.

Jangan lupa semua bahan diris sesai selera, nah sayur cabe Ijo siap dihidangkan dengan nasi hangat, atau jadi kudapan.**


Berita Terkait

Share:
Komentar Via Facebok :