Setelah Penebangan Pohon Di Lapangan Merdeka, Kini Di Jalan Halat, LKLH Sumut : Sangat Kejam Dan Merusak Hutan Kota

Setelah Penebangan Pohon Di Lapangan Merdeka, Kini Di Jalan Halat, LKLH Sumut : Sangat Kejam Dan Merusak Hutan Kota

Photo : Penebangan Pohon di Jalan Halat Kota Medan

Medan - Dunia saat ini sedang dihadapkan kepada persoalan Perubahan Iklim yang berdampak buruk pada kehidupan ummat manusia

Terbukti semakin tingginya tingkat bencana seperti banjir, angin Kencang, meningkat suhu dan lain sebagainya.

Akhir-akhir ini Pemko Medan melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan tampak sering menebangi pohon tanpa alasan dan kajian yang jelas, dari penebangan pohon di lapangan Merdeka hingga penebangan pohon di Jalan Halat Medan hingga membuat Aktifis Lingkungan Indra Mingka angkat bicara.

Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) Sumatera Utara memprotes tindakan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan menebangi pohon di pinggir jalan. 

“Kota Medan sudah kekurangan pohon, tapi pohon yang ada justru ditebangi,” ujar Indra Mingka Ketua LKLH Sumut, Senin, (22/8/2022) 
 
Lanjut Indra Mingka mengatakan Akibatnya penebangan Pohon tersebut Kota Medan semakin panas dan gersang.

Amatan LKLH, penebangan itu dilakukan karena pemerintah setempat diduga sedang menggarap proyek perbaikan bahu jalan yang berada di Jalan Halat, di lokasi itu, semua pohon ditebang tanpa kecuali.

“Pengerjaannya sangat kejam karena merusak hutan kota,” kata Indra Mingka.

Indra Mingka juga mengatakan seharusnya pohon di sepanjang jalan itu harusnya tidak ditebang, karena satu Pohon saja harus menunggu waktu lama agar bisa tinggi dan rindang, dirinya juga heran melihat DKP Kota Medan yang menebang pohon sembarangan

“Apakah DKP Kota Medan tidak ada tahu soal kelestarian alam, kok malah di tebangi semua pohon, harusnya rantingnya saja di pangkas bukan malah di tebang habis" ujarnya.

Dirinya juga mempertanyakan apa urgensinya penebangan pohon tersebut dan setelah di tebang, batang-batang pohon di gunakan untuk apa.

"Itu batang-batang Pohon di bawa kemana setelah di tebang dan apa urgensinya di lakukan penebangan pohon" katanya

Diki Kasi Penghijauan DKP Kota Medan mengatakan bahwa alasan penebangan Pohon tersebut karena akan di gantikan pohon baru
 
"Penggantian pohon baru bang, untuk kayu bekas tebangan dikirim ke taman  cadika medan johor" katanya melalui Pesan WA.**