Kunjungi Kios di Bina Widya

Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI Pastikan Penyembelihan Ayam Potong Halal

Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI Pastikan Penyembelihan Ayam Potong Halal

Pekanbaru - Ayam secara zatnya termasuk hewan yang halal dikonsumsi, tetapi jika proses penyembelihannya dilakukan dengan cara yang salah dan tidak sesuai dengan syariat Islam.

Persoalan penyembelihan ayam secara sepintas itu tampaknya memang perkara yang mudah, karena hampir setiap hari banyak ayam yang disembelih untuk memenuhi kepentingan pangan masyarakat.

Namun pada kenyataannya penyembelihan ayam dan hewan ternak lainnya menurut syariat Islam memiliki aturan-aturan yang khusus disampaikan dalam Al-Qur'an dan Hadits. Dimana daging ayam yang dihasilkan akan menjadi tidak halal untuk dikonsumsi.

Karena titik kritis dalam proses mendapatkan daging ayam yang halal adalah pada saat penyembelihannya. Maka dari itu, untuk memastikan halal atau tidaknya daging ayam di kios pemotongan ayam potong, Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI melakukan Kunjungan Ke Kios Pemotongan Ayam Potong Di Kelurahan Bina Widya.

Kami Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI, Sabtu, 23 Juli 2022  telah mengamati dan melakukan survei ke kios pemotongan ayam potong di Kelurahan Bina Widya.

Melihat dan bertanya langsung pada pemilik dan pekerja kios pemotongan ayam potong, sehingga mengetahui bagaimana usaha ayam potong, serta memeriksa dan menyaksikan kondisi dan proses penyembelihan ayam di kios pemotongan ayam potong itu.

Di Kelurahan Bina Widya terdapat beberapa usaha kios pemotongan ayam potong, salah satu pemilik kios pemotongan ayam potong dimiliki oleh Dedi. Saat dikunjungi oleh Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI, Saat itu Dedi selaku pedagang ayam potong menceritakan tentang bagaimana persiapan dan tata cara penyembelihan ayam di kios pemotongan ayam potongnya.

"Usaha saya ini sudah berjalan 12 tahun dan selama itu saya melakukan penyembelihan ayam yang menggunakan tata cara sesuai dengan syariat Islam. Sebelum memotong saya membaca Bismillahi Allahu Akbar dengan posisi menghadap ke arah kiblat, penyembelihan dilakukan sekali dan memotong 3 saluran, setelah itu baru dibersihkan dan dipotong-potong," jelas Dedi.

Kios pemotongan ayam potong lainnya di Kelurahan Bina Widya yang telah dikunjungi oleh Mahasiswa KKN Terintegrasi Abdimas UNRI juga sudah sesuai dengan syariat Islam.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketersediaan ayam yang dijual di kios pemotongan ayam potong di Kelurahan Bina Widya sudah halal dan sesuai dengan syariat Islam..**