Panen Raya di Lumbung Padi Negeri Seiya Sekata, Ini Harap Zukri

Panen Raya di Lumbung Padi Negeri Seiya Sekata, Ini Harap Zukri

Pelalawan - Ketahanan pangan adalah kondisi pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang tercermin dari ketersediaan pangan, kualitas dan kuantitas yang memadai, aman, merata, dan terjangkau.

Di beberapa kelompok makanan yang mengalami defisit dan kerawanan pangan perlu peningkatan pasokan makanan di tingkat rumah tangga dengan mengembangkan komoditas pangan lokal sesuai dengan potensi sumber daya dan pola konsumsi masyarakat.

Tanaman Pangan merupakan salah satu kebutuhan paling fundamental bagi manusia dan memperoleh perhatian khusus salah satunya adalah padi yang merupakan bahan pokok strategis dalam kehidupan masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Pelalawan.

Dalam upaya Pemerintah Daerah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat petani ini tentunya selaras dengan VISI , MISI Bupati Pelalawan H Zukri Misran dan Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin SH.MH “Pelalawan Maju 2026“.

Visi nya mewujudkan kemakmuran ekonomi di perkotaan dan di pedesaan dan berdaya saing ekonomi. Misi pembangunan Kabupaten Pelalawan sendiri adalah meningkatkan kualitas pembangunan manusia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi mandiri dan berdaya saing.

Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, dalam mendukung peningkatan pengembangan tanaman padi mengatakan pemerintah daerah sangat komit untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat di sektor pertanian khususnya petani padi yang ada di Kabupaten Pelalawan terutama petani padi yang ada di Kecamatan Kuala Kampar.

“Kita harapkan petani dapat maju termasuk sumber daya manusia (SDA) berkedaulatan dan mandiri secara ketahanan pangan,” kata H. Zukri.

Mewujudkan hal itu kata Zukri,Pemkab Pelalawan akan menyediakan sarana pendukung bagi petani seperti alat pertanian yang moderen, irigasi yang baik serta adanya langkah-langkah untuk pengelolaan lebih maksimal.

“Sehingga hasil panen padi petani kita lebih maksimal,” kata Bupati.

Hal itu dikatakan Zukri, saat warga menggelar panen raya padi di daerah lumbung padi Negeri Seiya Sekata, Kecamatan Kuala Kampar, Sabtu lalu.

Panen kali ini dipusatkan di Desa Sungai Solok. Untuk hasil padi ini, Bupati Zukri menginstruksikan agar seluruh PNS membeli beras dari petani di bumi Pelalawan ini.

Saat panen Bupati Pelalawan H Zukri mengatakan “dalam rangka mewujudkan swasembada pangan” dalam Visi dan Misinya dan Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin SH MH, yakni menuju Pelalawan MAJU (Makmur, Adil, Jaya dan Unggul).

Tampak hadir mendampingi Bupati, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Pelalawan H Tengku Nahar SP MSi, Camat Kuala Kampar Elrasyidy Albi, Kepala Desa se-Kecamatan Kuala Kampar dan para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kabupaten Pelalawan H Tengku Nahar SP MSi mengatakan bahwa, hingga saat ini penanaman padi di daerah yang dikenal dengan nama Pulau Penyalai, telah mencapai luasan 4.917 hektare. 

Sedangkan luasan lahan tersebut, tersebar di lima desa kecamatan yang menjadi lumbung padi Kabupaten Pelalawan.**