Tidak Sempat Wancara dengan Media

Panglima TNI dan Kapolri ke Riau Pantau Karhutla

Panglima TNI dan Kapolri ke Riau Pantau Karhutla

Kabar Lingkungan - Sekitar pukul 11.05 Wib, Rabu (13/3/19) Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian mendarat di Bandara Lanud Roemin Nurjadin, Pekanbaru, guna memantau kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Dengan menggunakan helikopter, rombongan Hadi dan Tito berangkat dari pintu belakang gedung Aula Lanud RSN, lantas keduanya langsung menuju lokasi kebakaran hutan dan lahan di Pulau Rupat Kabupaten Bengkalis.

Diduga ingin segera memberikan semangat pada anggota yang memadamkan api, keduanya belum sempat menemui awak media yang telah menunggu sejak pagi di Markas TNI AU Pekanbaru tersebut. 

Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadi Pekanbaru, Letkol M Zukri menyebutkan, Pulau Rupat merupakan lokasi kebakaran lahan paling parah di Riau.

Lokasi lahan yang masih terbakar berada di Kabupaten Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hilir. Petugas gabungan dari TNI Polri, Manggala Agni, BPBD Riau dan PT Sumatera Riang Lestari masih berjibaku melakukan pemadaman.

Namun belakangan api telah padam setelah dikeroyok tim gabungan TNI Polri, BPBD dan Manggala Agni. Kini, lokasi kebakaran lahan paling parah di Kepulauan Meranti.

Luas lahan yang terbakar sejak awal Januari hingga hari ini mencapai 1.711,41 hektare Sebab, sejumlah lokasi terbakar lahannya menambah luasan tersebut. Rekapitulasi luas lahan terbakar di beberapa daerah Riau sejak awal Januari yaitu, paling luas di Bengkalis 953,5 hektare.**