Pandemi Covid Masih Ada, Masyarakat Inhu Diminta Prokes

Pandemi Covid Masih Ada, Masyarakat Inhu Diminta Prokes

Ellis Julinarty

NHU - Kendati disebut berada di Level 1, Kepala dinas kesehatan (Kadiskes) Pamerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) mengatakan hingga saat ini wilayah Inhu masih di situasi Pandemi akibat Covid-19.

Dengan demikian Kadiskes menghimbau seluruh Masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes). Yakni, menjauhi kerumunan, selalu pakai masker, sering-sering mencuci tangan pakai sabun.

"Sampai sekarang kita masih Pandemi, belum Endemi, maka waspadalah dengan tetap mengedepankan Prokes," jawab Kadiskes Ellis Julinarty, Rabu (27/7/2022).

Karena masih Pandemi, Kadiskes dengan motto OPD "SEROJA" (semangat, responsif dan kerja amanah) ini kembali mengingatkan undang undang nomor 16 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan tetap masih berlaku. 

"Artinya kekarantinaan kesehatan bagi setiap orang yang dinyatakan positif Covid-19 akan dikarantina mandiri atau di isolasi Rumah Sakit tergantung gejala dan tingkat keparahan si pasien," sambung Elis.

Terkait kerumunan akibat keramaian karena Pesta atau Iven tertentu pasca Level 1 dan apa upaya untuk pencegahan, Kadiskes enggan mengomentari.

"Kalau untuk penertibannya (kerumunan-red), apalah daya kami, dan menurut ku itu otoritas nya di Satgas," timpal Kadiskes.

Namun demikian ia tetap menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melakukan Prokes dan jangan sampai kebablasan. 

Kata Kadiskes belum lama ini, Kadiskes mengatakan ditemukan positif Covid-19 di Kecamatan Lirik. (krc)