Pengawasan Proyek IPAL Diduga Lemah Berakibat Derita Warga Pekanbaru Tak Kunjung Selesai

Pengawasan Proyek IPAL Diduga Lemah Berakibat Derita Warga Pekanbaru Tak Kunjung Selesai

Pekanbaru - Katanya Proyek pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Pekanbaru, Riau yang digarap kontraktor Hutama Karya (HK) atau PT HK-Rosa KSO tuntas akhir tahun ini sepertinya jauh panggang dari api, pasalnya sampai saat ini terlihat para pekerja masih melakukan pengalian sepertti dijalan Cempaka kta Pekanbaru.

Salah seorang pengemudi Grab mengaku kesal dengan pekerjaan IPAL yang berkepanjangan ini, setahu pengemudi Jonson (35 Th) pekerjaan ini sudah selesai. “Katanya sudah selesai di PHO tapi kami merasakan dampaknya sejak dibangun. Jalan Cempaka ditutup 100 persen,” katanya, Minggu (24/7/22).

Pedagang dilokasi itu juga mengeluhkan pekerjaan yang tak kunjung rampung ini, mereka mengaku dirugikan oleh perusahaan negara ini. “Pembeli sepi karena jalan tidak lancar melewari toko kami, bahkan debu merusak terutama bagi pedagang makanan,”: kata pedagang makanan Leni.

Ditanya pengawas dari Kementerian PUPR, Johan terkait pekerjaan bekepanjangan apakah karena lemahnya pengawasan, Johan menjawab “Iya, itu perbaikan pipa HK yang mengenai pipa PDAM di Cempaka. Sudah kita perintahkan untuk penanganan segera Tim HSE dengan dilakukan perkuatan di area tersebut. Salah satu terjadi karena kendaraan masih bisa lewat sehingga terjadi pembebanan di jalan tersebut makanya longsor,” kata Johan singkat.**