KPH Kuansing Tangkap Alat Berat dalam HPT Batang Lipai Siabu, Perambah; Kabuuur

KPH Kuansing Tangkap Alat Berat dalam HPT Batang Lipai Siabu, Perambah; Kabuuur

Kuansing - Ternyata Kehutanan Prov Riau tidak tinggal diam menyelamatkan hutan, dimana terdengar informasi pada pagi tadi Jumat (22/7/22) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kuansing yang di pimpin langsung Kepala KPH kuansing Abriman, S.Hut menagkap 2 alat berat di HPT Batang Lipai Siabu, Kuansing yang merupakan kawasan hutan lindung.

Hal itu dilakukan dalam pengawasan dan pemberantasan perambahan hutan di Provinsi Riau, mereka menjalankan tugasnya sesuai UU No 41 Tahun 1999 dan Undang Cipta kerja No 10 Tahun 202, agar deforestasi hutan dan alih fungsi pasca UU omnibus low efektif diberlakukan.

“Proses hukum dalam penangkapan 2 alat berat tersebut untuk segera memcari pemilik alat berat dan lahan. Kasunya jangan berhenti sampai sisitu,” kata warga Kuansing Totok, Jumat (22/7/22).

Lanjut Totok, menyampaikan agar pihak DLHK harus serius mengungkap kasus tersebut dan juga melakukan pengejaran seluruh Alat berat yang berada dalam kawasan hutan di Riau,  dengan mengefektifkan seluruh KPH yang ada.

“KPH harus aktif mengulung semua alat berat dalam kawasan hutan, dan kita minta Kadis Kehutanan Prov Riau mengeluarkan surat perintah,” kata Tototk.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau, Mamun Murod, membenarkan penagkapan tersebut, katanya Dinas menurunkan 10 personil polisi hutan (Polhut) untuk menindaklanjuti aduan masyarakat tentang adanya perambahan hutan di kawasan HPT Batang Lipai Siabu, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tersebut.

“Kami akan menindak tegas perambahan kawasan dan akan diusut tuntas. Hal ini perlu dilakukan agar membuat efek jera. Siapapun yang terlibat harus ditindak tegas," tegasnya.

Dalam aksi ini, KPH Singingi menangkap dua unit alat berat jenis ekskavator di kawasan HPT Batang Lipai Siabu, Jumat (22/7/2022) pagi. Dua alat berat tersebut ditemukan sedang merambah hutan lindung.

Sementara dalam videonya Kepala KPH Singingi, Abriman menyebut "kami sekarang menangkap dua unit alat berat yang sedang membuka lahan di kawasan HPT Batang Lipai Siabu," ujar Abriman.**