Viral Petani Sawit Kalteng Jual Sawit ke Malaysia

Viral Petani Sawit Kalteng Jual Sawit ke Malaysia

Kalimantan - Video petani kelapa sawit di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara yang ramai-ramai menjual tandan buah segar (TBS) ke Malaysia viral.

Tentunya hal ini menjadi tamparan bagi Jokowi, walau sebenarnya tujuan Jokowi adalah untuk menertibkan pengusaha nakal berladang dalam kawasan hutan yang dibabat liar oleh mafia sawit.

Dalam video itu terlihat petani mengirim TBS ke Malaysia menggunakan sampan atau perahu kayu dan truk, tindakan yang dilakukan oleh petani sawit itu pengakuan salah seorang pedagang, Saleh (51Th) hanya “masalah perut” walau itu tidak diizinkan oleh peraturan negara.

Petani menjual TBS ke Malaysia menggunakan alat transportasi seadanya, sebut Saleh, petani menjual TBS ke Malaysia, karena banyak pabrik kelapa sawit (PKS) yang sudah tidak menerima TBS dari petani.

“PKS ditempat kita sendiri tidak menerima TBS karena pasokan sudah penuh dan tidak mampu lagi menampung dan bahkan sebagian besar pabrik sudah tidak lagi beroperasi,” kata Saleh.

Diduga karena izin ekspor belum ditanda tangani Jokowi, berakibat tangki penampung CPO penuh, harga juga menjadi turun.**