Gegara PT Teso, Pemdes Pasir Ringgit-Inhu Gerah

Gegara PT Teso, Pemdes Pasir Ringgit-Inhu Gerah

Angkutan TBS PT Teso Indah, Jalan Desa Pasir Ringgit Kecamatan Lirik, Rusak Berat.

INHU - Jalan Desa Pasir Ringgit di Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kian hari rusak parah. 

Menurut Pemerintah Desa, penyebab hancurnya jalan desa akibat aktivitas kenderaan angkutan tandan buah sawit (TBS) milik perkebunan PT. Tesso Indah yang hilir mudik hingga puluhan Truck setiap hari.

Bahkan selain merusak jalan Desa, jembatan kontruksi besi berlantai papan yang dibangun Pertamina sekitar 20 tahun hampir ambruk karena tidak pernah ada perawatan dari perusahaan PT. Tesso Indah.

Parahnya lagi, akibat tidak ada perawatan badan jalan dari Perusahaan telah membuat Jalan berdebu dimusim kemarau dan sebaliknya jika dimusim kemarau Jalan tersebut akan berlumpur dengan lobang menganga.

Atas kondisi tersebut, Kepala Desa Pasir Ringgit Ali Borkat Pulungan mengatakan Perangkat Desa yang ia pimpin telah mengirim surat teguran ke Manajemen PT. Tesso Indah namun sayang tidak ada tanggapan.

“Pemerintah desa sudah menyurati dan mengingatkan Perusahaan untuk memperhatikan jalan desa yang mereka lalui, namun tidak ada tanggapan," sesal Pulungan, Senin (27/06/22).

Katanya lagi, sejak 15 tahun silam jalan sepanjang 4 kilometer rusak parah tersebut merupakan hasil gotong royong masyarakat dan satu-satunya akses yang dilalui Masyarakat Pasir Ringgit yang hendak ke Pasar dan Sekolah SMP. 

Atas kondisi tersebut Pemerintah Desa berharap ke perusahaan melakukan pemeliharaan dengan cara menyiram jalan dimusim kemarau dan kalau rusak atau berlubang diberi pengerasan.

Sebelumnya, di lokasi jembatan yang dibangun Pertamina pernah terjadi insiden mobil milik masyarakat yang jatuh karena lantai jembatan yang terbuat dari papan mengalami kerusakan parah.

JALAN AKAN DI PORTAL Karena teguran tak kunjung digubris, Pemerintah Desa 'mengancam' akan menutup jalan dengan membuat peraturan desa (Perdes). Alasannya untuk memperkuat sikap tegasnya Pemerintah Desa Pasir Ringgit.

"Kami Perangkat Desa sudah sepakat akan membuat Peraturan Desa tentang Jalan. Kelak jalan ini akan kami buat Portal sehingga Perusahaan tidak sesuakanya melewati jalan," tegasnya.

Menager kebun PT Teso Area Pasir Ringgit, Surya, dimintai tanggapan lewat seluler 0813 6564 xxxx tidak pernah memberi klarifikasi. (krc)