Jokowi Bicara Ukraina dengan Presiden Jerman dan Hubungan G7 dan G20

Jokowi Bicara Ukraina dengan Presiden Jerman dan Hubungan G7 dan G20

Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam membahas situasi di Ukraina  dengan Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmeier di Istana Kepresidenan, Bogor, menegaskan sikap Indonesia tentang kedaulatan wilayah.

"Presiden Steinmeir juga bukan orang baru bagi saya karena kita sudah pernah bertemu di Jakarta di tahun 2014 saat beliau menjabat sebagai menteri luar negeri. Pertemuan bilateral tadi berlangsung sangat bersahabat dan produktif dan mengenai isu-isu bilateral kita fokus berbicara mengenai kerja sama ekonomi," tutur Jokowi.

Kunjungan Presiden Jerman ke Indonesia ini tentunya suatu kehomatan oleh Jokowi, “Indonesia merasa terhormat atas kunjungan ini”. Menurut Jokowi, hal itu menandakan relasi erat antara Jerman sebagai Ketua G7 dan Indonesia sebagai Presiden G20.

"Indonesia menjadi salah satu tujuan pertama kunjungan bilateral presiden Jerman setelah kembali terpilih sebagai Presiden Jerman bulan Februari tahun ini. Tentu ini menunjukkan kedekatan hubungan kedua negara yang mana Jerman adalah ketua G7 dan Indonesia adalah presiden G20," imbuh Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyebut Presiden Jerman bukan orang asing baginya. Jokowi pernah bertemu dengan Steinmeier pada 2014 silam.**