Lima Rudal Jelajah X-22 Rusia dari Laut Kaspia ke Arah Kiev Dipatahkan Militer Ukraina

Lima Rudal Jelajah X-22 Rusia dari Laut Kaspia ke Arah Kiev Dipatahkan Militer Ukraina

Kiev - Staf Jenderal Angkatan Bersenjata Ukraina menyatakan bahwa Rusia meluncurkan lima rudal jelajah X-22 dari Laut Kaspia ke arah Kiev pada Minggu (5/6) pagi, sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Ukraina mengklaim salah satu rudal Rusia itu berhasil dihancurkan pasukannya.

Militer Ukraina juga mengakui ada lima rudal jelajah yang ditembakkan oleh Rusia ke arah ibu kota Kiev pada Minggu (5/6) waktu setempat.

Pernyataan militer Ukraina itu mengklaim satu rudal Rusia berhasil dihancurkan oleh unit pertahanan udara Ukraina, sedangkan rudal-rudal lainnya mengenai fasilitas infrastruktur di utara ibu kota Ukraina.

Secara terpisah, penasihat Menteri Dalam Negeri Ukraina Vadym Denysenko menyebut satu target militer dan satu target sipil terkena rudal Rusia.

Sementara menurut CEO perusahaan perkeretaapian negara Ukraina, Ukrzaliznytsia, Oleksandr Kamyshin, menyatakan beberapa rudal menghantam Pabrik Perbaikan Kereta Darnytsia. Namun dia menambahkan bahwa kereta-kereta penumpang tidak mengalami penundaan akibat serangan itu.

Kamyshin juga membantah laporan Rusia yang menyebut perusahaan perkeretaapian yang dipimpinnya menampung peralatan militer. Dia mengundang wartawan untuk berkunjung langsung guna memverifikasi hal itu.

"Saya secara resmi menyatakan tidak ada peralatan militer di wilayah pabrik. Pabrik ini memperbaiki gerbong kargo, termasuk gerbong yang kami gunakan untuk ekspor gandum," tegas Kamyshin pada CNN, Senin (6/6/22).

"Target mereka yang sebenarnya adalah perekonomian dan populasi sipil Ukraina. Mereka juga ingin memblokir peluang kita mengekspor produk-produk Ukraina ke Barat," imbuhnya.**