Banjir Rob Saat Lebaran Di Medan Belawan, LKLH : Pemko Medan Harus Hadir Beri Solusi, Bukan Sekedar Bantu Indomie

Banjir Rob Saat Lebaran Di Medan Belawan, LKLH : Pemko Medan Harus Hadir Beri Solusi, Bukan Sekedar Bantu Indomie

Photo : Banjir Pasang Rob di Medan Belawan Kota Medan Sumatera Utara

Medan - Di saat Lebaran Idul Fitri 1443 H Warga Medan Belawan, Sumatera Utara merayakan Lebaran di tengah banjir rob, Senin (2/5/2022). 

Selain rumah warga, banjir rob juga menggenangi jalan raya.

Kondisi tersebut menghambat aktivitas warga yang akan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara. Banjir rob sudah terjadi sejak tiga hari.

Pantauan di lokasi, warga memarkirkan sepeda motor di tempat yang lebih tinggi. Banjir di lokasi tersebut bukan kali ini, namun sering terjadi setiap tahun.

"Harapannya jangan pasang air laut tiap tahun lah," ujar seorang warga Belawan di lokasi.

Pernyataan yang sama juga disampaikan oleh warga lainnya, dia menuturkan, banjir datang setiap Lebaran dan membuat warga khawatir ke luar rumah jika membawa kendaraan karena takut terkena air asin.

"Setiap tahun (banjir). Silaturahmi terhalang," ucapnya.

Warga berharap pemerintah dapat membuat bendungan meninggikan jalan  dan memperbaiki saluran parit serta mencari solusi banjir yang sudah sering kali terjadi.

Indra Mingka Ketua Lembaga Konservasi Lingkungan Hidup (LKLH) Sumatera Utara mengatakan banjir pasang Rob harus segera diatasi oleh Pemerintah karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak, dirinya juga mengusulkan agar Pemerintah mau melakukan pengerukan sungai yang ada di Belawan dan perairan di pelabuhan karena dirinya yakin sungai dan perairan pelabuhan belawan mengalami sedimentasi dan pendangkalan sehingga tidak mampu menampung air apabila air pasang.

"Sungai harus di keruk karena mengalami sedimentasi dan pendangkalan, sungai tak mampu lagi menampung debit air ketika pasang" ungkapnya

Dirinya juga menjelaskan bahwa Sampah adalah Faktor Utama yang membuat Sungai mengalami sedimentasi dan pendangkalan oleh karena Walikota Medan Bobby Nasution harus melakukan gerak cepat mengatasi persoalan banjir Rob karena efeknya akan memperparah tingkat kemiskinan, berdampak pada kesehatan warga, hight cost terhadap bangunan dan infrastruktur Fasilitas Umum.

"Negara harus hadir,  Gerak Cepat (Gercep) mengatasi persoalan banjir Rob di Belawan,  bukan hanya hadir bagi Indomie tapi memberi solusi agar penderitaan rakyat tak berkepanjangan, Khusus kepada Walikota Medan,  Gercep bang Bobby Nasution dinanti-nanti Warga Medan Utara" pungkasnya. **