M Jamil Diduga Main Mata Terkait IMB Hotel Mimosa

M Jamil Diduga Main Mata Terkait IMB Hotel Mimosa

Kabar Pekanbaru - Setelah dugaan kongkalingkong Hotel Mimosa Pekanbaru, Riau dilaporkan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau, pemiliknya Endi sampai berita ini dilansir media kembali, dia tidak pernah muncul.

Pembangunan yang terletak di Jalan Riau, No 91, Pekanbaru, Riau, telah  dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat pada Kejati Riau. Laporan ini awalnya terkait temuan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP), Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang diduga main mata.

"Bayangkan satu hotel Mimosa ini diterbitkan dua IMB, karena IMB yang pertama diduga terkait pencairan dana Bank Mandiri," kata ketua LSM Penjara Indonesia, Dwiki Zulkarnain, di Jl Trunojoyo Kebayoran Baru, Jakarta Selatan,  Kamis (21/2/19).

Belakangan terdengar kabar kasus ini melebar pada dugaan korupsi karena dugaaan pembobolan uang Bank Mandiri puluhan Milyar oleh Endi dengan pengajuan kridit oleh PT Sinar Riau Gemilang untuk pembangunan hotel ini.

Informasinya bahwa Endi sebagai pemilik hotel Mimosa ini diduga menganggunkan sertifikat bodong untuk mengeruk dana Bank Mandiri milyaran rupiah itu. Pihak Kejaksaan Tinggi dikonfirmasi pada salah seorang intel dia menyarakan wartawan menghadap ke kantor.

Bahkan saat ini selidik punya selidik dugaan main mata ini muncul kasus baru, dimana tertulis dari pemberian IMB hanya 11 lantai namun kalau dihitung hotel Mimosa ini disulap menjadi 15 lantai.

Informasi yang diterima media dari ketua LSM Penjara Indonesia, Dwiki Zulkarnain, semua kejadian itu memang benar adanya, bahkan laporannya saat ini sudah masuk ke Jampidsus, kata Dwiki "Menunggu satu bulan saja Jampidsus akan turun ke Riau."

Anehnya sipemberi izin Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) yang juga sebelumnya pernah menjabat Plt Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), M Jamil dikonfirmasi memilih bungkam.

Bahkan diokontak memalui pesan WhatsApp, M Jamil calon kuat Sekda Kota Pekanbaru ini terkesan menghindar.

"Dugaan sementara M Jamil adalah sebagai otak pengatur izin bangunan hotel Mimosa, nanti kalau benar-benar Jaksa serius menyidik semua akan terbongkar," pungkas Dwiki.**