Tak Dijelaskan Pembasan 1.600 Tahanan di Myanmar Jelang Tahun Baru Budha Ada Pelaku Kudeta

Tak Dijelaskan Pembasan 1.600 Tahanan di Myanmar Jelang Tahun Baru Budha Ada Pelaku Kudeta

Myanmar - Sebelumnya Myanmar diketahui berada dalam kekacauan sejak pemerintah sipil Aung San Suu Kyi digulingkan tahun lalu dalam kudeta militer. Kudeta memicu protes besar dan tindakan keras yang mematikan dan banyak yang ditahan. Festival Budha ini dirayakan selama 4-5 lima sekitar pertengahan April.

Kemudian dsikabarkan Jelang tahun baru Budha, Junta Myanmar akan membebaskan lebih dari 1.600 tahanan apakah mereka yang dibebaskan itu juga pengunjuk rasa anti kudeta atau malah pelaku kriminal biasa.

Tidak jelas apakah pengunjuk rasa anti-junta atau jurnalis yang dipenjara karena meliput kudeta termasuk di antara yang dibebaskan. Namun menurut laporan televisi pemerintah, 1.619 tahanan, termasuk 42 orang asing telah "diampuni" dan akan dibebaskan untuk menandai tahun baru. 

Diketahui dari beberapa media Myanmar kerap memberikan amnesti tahunan kepada ribuan tahanan untuk menandai Tahun Baru Budha, yang biasanya merupakan hari raya yang menggembirakan yang dirayakan di berbagai wilayah dengan perang air.**