Perang Rusia WHO Buka Suara, “73 orang Tewas, 51 Orang Luka-luka”

Perang Rusia WHO Buka Suara, “73 orang Tewas, 51 Orang Luka-luka”

Jenewa - Sampai hari ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memverifikasi 103 insiden serangan terhadap perawatan kesehatan, dengan 73 orang tewas dan 51 orang lainnya luka-luka, termasuk tenaga kesehatan dan pasien.

Hal itu dikonfirmasi AFP, Jumat (8/4/22) adanya lebih dari 100 serangan saat invasi Rusia di Ukraina. WHO juga menyerukan akses kemanusiaan ke kota Mariupol yang dikepung pasukan Rusia selama berminggu-minggu.

Dari serangan-serangan yang dikonfirmasi, sebanyak 89 serangan di antaranya berdampak pada fasilitas-fasilitas kesehatan dan sebagian besar berdampak pada kendaraan transpor, termasuk ambulans.

"Sampai sekarang, WHO," sebut Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers. Tedros juga mengungkap jumlah korban tewas itu sebagai momok yang menakutkan bagi warga.

Secara terpisah, Direktur WHO untuk Kawasan Eropa Hans Kluge dalam konferensi pers di Lviv, Ukraina, menyesalkan bahwa meski bantuan kesehatan telah menjangkau banyak area-area terdampak, beberapa area masih tidak bisa dijangkau.**