Menipu 1 M, Komjen Gadungan Bernama Yusuf Daiman Diamankan

Menipu 1 M, Komjen Gadungan Bernama Yusuf Daiman Diamankan

Jakarta - Kapolsek Duren Sawit Kompol Suyud mengatakan pihaknya berhasil mengungkap kasus penipuan Polisi gadungan bernama Yusuf Daiman (58) berpangkat Komjen, di Setiabudi, Jakarta Selatan.

Penangkapan Yusuf Daiman setelah polisi mendapatkan informasi dari korban perihal keberadaan 'jenderal polisi' di sebuah bank di Klender, Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Jumat (4/3).

“Atas laporan anggota kemudian mengecek ke bank tersebut. Polisi gadungan diciduk di Setiabudi, Jakarta Selatan. Pria bernama Yusuf Daiman (58) ditangkap setelah diduga melakukan penipuan dengan kerugian korban mencapai Rp 1 miliar,” kata Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Budi Sartono, Sabtu (5/3/22).

Di Bank tersebut polisi mendapat informasi ada seseorang berpakaian dinas bintang tiga. Setelah dilakukan pengecekan oleh Kanit Polsek Duren Sawit, ternyata yang bersangkutan bukan polisi.

“Anggota Tim Serse Polsek Duren Sawit sudah mendatangi bank tersebut. Namun ternyata pelaku sudah tidak ada di tempat. Ciri-ciri korban sesuai laporan Kanit mengamankan pelaku dan dibawa," katanya 

Awalnya kata Budi Sartono, “itu ada informasi bahwa ada polisi pangkatnya komjen ke Bank BRI dengan pakaian PDU 1. Kan itu (seragam) untuk upacara-upacara. Dengan informasi itu, (kami menelusuri) benar-nggak jenderal polisi tersebut".

Polisi kemudian melakukan penelusuran terhadap pelaku. Pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat, ini kemudian diciduk di Setiabudi, Jakarta Selatan. "Terus kita datang sama Kanit dan anggota tapi ternyata (pelaku) sudah pergi," katanya.**