Alokasi Anggaran Mandau 2019 Meningkat Sebesar Rp12,81 Miliar

Alokasi Anggaran Mandau 2019 Meningkat Sebesar Rp12,81 Miliar

Kabar Bengkalis - Saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis H Yuhelmi sebutkan, alokasi anggaran Kecamatan Mandau Tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp12,81 miliar.

Dimana tahun 2018 lalu Pemerintah Kabupaten Bengkalis (Pemkab) mengalokasi anggaran Rp359 miliar, tahun ini bertambah menjadi Rp371,81 miliar, Hal tersebut diutarakannya di Gedung Bathin Betuah, Kantor Camat Mandau, Rabu (12/2/19).

Sesuai arahan Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang tema tahunan pembangunan daerah yakni kemandirian Desa yang berkearifan lokal dengan berbagai prioritas.

Dikatakan Helmi, ini belum termasuk dana transfer desa, mencapai Rp6,6 miliar untuk dua desa. Sedangkan untuk sembilan kelurahan masing-masing akan mendapatkan suntikan dana kurang lebih Rp370 juta.

"Anggaran Rp371,81 miliar tersebut, sambungnya, diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur sebesar 307,92 miliar, sektor pendidikan sebesar 17,89 miliar dan sektor kesehatan sebesar 23,41 miliar," papar Yuhelmi.

Selain itu, Pejabat yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis tersebut berharap agar pihak Kecamatan sesegera mungkin melaksanakan program kegiatan yang telah termaktub pada APBD 2019.

"Prioritas pertama yakni penguatan konektifitas antar Desa dan antar Kecamatan termasuk menuju sentra perekonomian desa, kemudian peningkatan kualitas dan pemasaran produk unggulan Desa," ulasnya.

Kemudian, sambung Yuhelmi, pemberdayaan sumber daya pedesaan yang kreatif dan inovatif, peningkatan pendidikan, kesehatan masyarakat dan terkahir penerapan nilai keagamaan dan kebudayaan yang berkepribadian lokal.**