Bahas Potensi Kerjasama, Dubes Korsel Bertemu Anies Baswedan

Bahas Potensi Kerjasama, Dubes Korsel Bertemu Anies Baswedan

Jakarta - Bertujuan untuk mempererat hubungan antara Korea Selatan dan RI, khususnya kota Seoul dan Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Taesung.

Merujuk keterangan resmi dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) DKI Jakarta, keduanya bertemu di Balai Kota DKI Jakarta. Anies bersama Park Taesung juga membahas terkait potensi kerja sama antara Jakarta dengan Korea Selatan dari berbagai bidang.

Mulai dari transportasi, elektrifikasi mobilitas, penyediaan sistem penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah serta pengelolaan sampah organik menjadi pupuk dari pasar-pasar di bawah naungan Pasar Jaya.

"Kkita senang sekali bahwa hasil studi (dari Korsel) terkait MRT dan LRT, akan keluar dalam waktu dekat dan untuk elektrifikasi transportasi, kita sedang dorong bus-bus kita (TransJakarta) untuk bertransformasi menjadi bus listrik,” kata Anies.

“Dan kerja sama dengan Pasar Jaya, kita ingin semua pasar kita limbah organiknya bisa diolah menjadi komoditas yang berguna. Kalau boleh ini dipercepat karena bisa menjadi percontohan di masa depan," sambung Anies.

Dalam pertemuan tersebut, Anies menyampaikan apresiasi sekaligus rasa terima kasih kepada mendiang Wali Kota Seoul Park Won-soon. Anies menuturkan sosok Won-soon telah membantu Jakarta pada saat awal penanganan pandemi COVID-19. Kala itu, Won-soon andil dalam menyediakan alat tes COVID-19.

"Apresiasi atas persahabatan antara Korea dan Indonesia, khususnya hubungan dengan Jakarta. Kami juga bersahabat dengan pimpinan kota Seoul. Di saat pandemi awal kami dibantu oleh Mayor Park dengan dikirim alat tes dari Seoul. Kami apresiasi sekali dan senang sekali kita bisa diskusi lebih jauh lagi ke depan," kata Anies Baswedan, Jumat (4/3/22).**