Dikabarkan Akan Dilantik Minggu Depan, Nama Kepala Otorita IKN Masih dalam Kantong Jokowi

Dikabarkan Akan Dilantik Minggu Depan, Nama Kepala Otorita IKN Masih dalam Kantong Jokowi

Jakarta - Informasi yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi nama calon Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang awalnya diembuskan oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim itu kini sudah mulai terbuka.

Menjawab itu usai acara peresmian NasDem Tower, Jokowi mengungkap segera mengumumkan nama dan akan melantik kepala otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). "Secepatnya (akan diumumkan)," kata Jokowi, Selasa (22/2/22). Kabarnya pelantikan itu akan digelar minggu-minggu depan.

Namun Jokowi tidak menyebut kriteria kepala otorita tersebut. Dia menegaskan kepala otorita akan berasal dari non parpol.  "Ya mungkin minggu-minggu depan akan kita lantik," ujarnya.

Untuk diketahui, Jokowi resmi menandatangani UU IKN pada Selasa (15/2/22). Ibu Kota Nusantara telah disepakati dalam bentuk satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi.

“Pemerintahan itu disebut Otorita IKN, yang diberikan untuk merespons perkembangan era digital saat ini dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN,” kata Jokowi.**