Sambutan HPN Surabaya, Jokowi Janji Kebebasan Pers Dijamin

Sambutan HPN Surabaya, Jokowi Janji Kebebasan Pers Dijamin

Kabar Surabaya - Dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pers Nasional (HPN), di Grand City Surabaya, Presiden Jokowi menjamin kebebasan pers namun, Jokowi mengingatkan kebebasan ini harus dilandasi tanggung jawab tinggi dalam memberikan kebenaran informasi kepada masyarakat luas.

Jokowi meminta insan pers turut memerangi penyebaran hoaks yang marak terjadi dewasa ini dan juga pers harus menjadi media yang mencerdaskan anak bangsa.

Tak hanya itu, Jokowi memaparkan bagaimana pentingnya peran pers di Indonesia dia juga mengajak seluruh insan media untuk terus meneguhkan jati dirinya dan terus berupaya menyajikan informasi yang akurat kepada masyarakat. 

"Sebagaimana yang diatur dalam undang-undang pers, pemerintah menjamin prinsip kemerdekaan pers dan kebebasan berpendapat, kebebasan yang beretika dan bertata krama dan kebebasan," kata Jokowi, Sabtu (9/2/19). 

Jokowi minta pers meneguhkan jati dirinya mengedukasi masyarakat dan tetap melakukan kontrol sosial serta untuk terus memberikan kritik kritik yang konstruktif.

"Jangan lupa kritik kami kalau ada kekurangan dalam pembangunan, namun itu pers harus juga pers dimana kalau ada keberhasilan pembangunan juga disampaikan agar masyarakat tahu," pungkasnya.**