Jalan Berlobang, Truck ODOL Muatan Batubara Terbalik di Airmolek Inhu

Jalan Berlobang, Truck ODOL Muatan Batubara Terbalik di Airmolek Inhu

TERJUNGKAL-Mobil ODOL Angkutan Batubara Terjungkal di Airmolek Inhu. Pemicunya, Medan Jalan Rusask Berar.

INHU – Akibat jalan berlobang dan rusak berat, lagi, truk over dimensi dan over loading (ODOL) bermuatan Batubara yang melintas di jalan Elak Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau terbalik, Kamis (27/1).

Sehari setelah anggkutan Batubara terjungkal, hari ini Jumat 27 Januari trul ODOL angkutan sembako terpuruk dilokasi yang sama. Akibatnya, jalan alternatif di Kota lLayak Anak itu macet terhalang angkutan sembako.

“Hari ini angkutan sembako yang terpuruk sehingga kenderaan yang lain terhalang untuk melintas,” sebut tokoh masyarakat Kecamatan Pasir Penyu, Hatta Munir, Jumat 28 Januari 2022.

Mantan anggota DPRD Inhu ini berpendapat, kecelakaan tunggal truck ODOL acap kali terjadi dipicu medan jalan Elak yang kurang terawat serta diperparah Truck ODOL yang melintas setiap harinya mencapai ribuan unit angkutan Sembako, truck CPO, truck Batubara, truck angkutan TBS hingga angkutan alat-alat bangunan.

Ketua LSM MPR Ber-Nas ini kuatir, jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan struktur penkerasan jalan beton (rigid vapement), kejadian serupa akan terus terulang bahkan mengancam keselamtan pengguna lalulintas,

“Disebabkan lobang yang dalam, sudah dua kali peristiwa terbalik truk mobil ODOL di tempat yang sama di desa Serumpun Jaya Kec Pasir Penyu,” papar Hatta.

Parahnya lagi, hingga saat ini Pemprov Riau melalui Dinas PUPR Provinis Riau tidak melakukan perbaikan bahkan peawatan. “PUPR Riau harus meprhati kan jalan-jalan yan rusak agar tdk trjadi korban jiwa akibat terbaluk nya truk ODOL dan menimpa org lain yang ada di pinggir jalan,” harapnya.

Sayangnya kepala UPT PUPR Riau di Inhu dikonfirmasi lewat seluler tentang perawatan Jalan Elak dan jalan lintas Airmolek – Peranap, Sanusi belum memberikan klarifikasi. (***)