Info Perusahaan Agensi Perhumasan

MoU Bersama Grizmediaid, Wahyudi El Panggabean; Kita Siap Menjembatani untuk Networking ke Media Nasional

MoU Bersama Grizmediaid, Wahyudi El Panggabean; Kita Siap Menjembatani untuk Networking ke Media Nasional

Jakarta - Seorang praktisi jurnalistik dan perhumasan yang juga menjabat sebagai Direktur Utama Lembagi Pendidikan Wartawan, Pekanbaru dari Journalist Center (PJC), Wahyudi El Panggabean, mengatakan “seharusnya publikasi saat ini sudah lebih mudah karena terbantu oleh sistem dan infrastruktur digital.”

“Publikasi adalah kebutuhan bagi semua lembaga, institusi, birokrasi, politikus, pelaku usaha bahkan hingga masyarakat, sayangnya, stakeholder di luar Jakarta dan luar Pulau Jawa masih mengalami kesulitan. Itu disebabkan masih ada beberapa permasalahan,” demikian pandangan Wahyudi El Panggabean, usai menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama perusahaan Agensi Perhumasan di Jakarta, Grizmediaid.

Rencananya Wahyudi dan Grizmediaid akan membantu Humas atau Public Relation di daerah untuk membuat press release dan menjembatani mereka untuk networking ke media nasional.

“Salah satu permasalahan yang sering ditemukan adalah banyak sumber daya di daerah luar Jakarta dan luar Pulau Jawa tidak memahami bagaimana publikasi yang baik,” katanya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Wahyudi mengatakan, salah satu kebutuhan stakeholder adalah tampil di media pemberitaan nasional. Karena, saat ini, sering kali ditemukan bahwa publikasi stakeholder hanya pada sebatas media lokal ditempat perusahaan itu berada, “sementara dalam pengembangan usaha agar menjadi Global tentunya perusahaan butuh publikasi diluar area mereka,” katanya.

Bahkan menurut Wahyudi, “bukan hanya persoalan produk press release atau siaran pers dari Humas di daerah saja yang belum berkualitas. Tetapi, networking atau jaringan dengan media nasional juga belum terjalin dengan baik”.

“Humas di daerah itu sebenarnya bukan kesulitan membuat press release atau siaran pers yang sesuai dengan standar media nasional. Tapi, kebanyakan Tim Humas atau Public Relation di daerah tersebut tidak tahu kemana mereka mengirimkan press releasenya,” sambungnya.

Bahkan, menurut Wahyudi, keduanya harus dilakukan secara optimal untuk dapat menyampaikan publikasi ke media nasional. “Tidak bisa memilih salah satu, hanya press release yang baik saja atau koneksi ke jurnalis nasional yang baik saja. “Press release yang berkualitas harus dibarengi dengan menjalin relasi media yang baik” ulas Wahyudi.

Untuk membantu permasalahan tersebut, Wahyudi El Panggabean yang dikenal sebagai guru jurnalis dan perhumasan di luar Pulau Jawa itu siap membantu para stakeholder untuk publikasi dan media networking secara nasional. Sehingga, aspirasi, program, kampanye dan hal-hal lainnya dapat tersampaikan dengan maksimal dan tak terbatas wilayah.

Sambung pria ini, “kami akan membuat semuanya lebih efisien dan dikemas secara profesional. Sehingga publikasi mereka sangat luas. Press release mereka akan tayang di media nasional. Kita harapkan kerja sama ini dapat ditangkap oleh stakeholder dan dapat membantu mereka.”

Sementara Founder Grizmedia.id Gemal A.N. Panggabean menyambut baik langkah tersebut. Dia juga berpendapat sama. Karena saat ini Grizmediaid sudah banyak membantu stakeholder, khususnya perusahaan digital atau startup di Jakarta dan luar negeri seperti China, Singapura dan Jepang.

Gemal mengungkapkan sepanjang 2021 saja, dia dan timnya telah menerbitkan lebih dari 2.000 press release dan lebih dari 1.000 artikel blog. “Dengan kerja sama ini, kita harapkan stakeholder, siapapun mereka, baik itu pemerintah, politikus, pelaku usaha, UMKM ataupun masyarakat di daerah Pulau Jawa dapat terbantu untuk tampil di media nasional,” ucapnya.**