Awal Bertugas Kapolda Riau Langsung Bersinergi dengan Masyarakat

Awal Bertugas Kapolda Riau Langsung Bersinergi dengan Masyarakat

Pekanbaru - Pada Kamis siang, (6/1/22) warga warga Palas Pekanbaru dikagetkan kedatangan

Kapolda Riau, Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H, Pasca dilantik menjadinya belaiu, tentunya hal ini menjadi tanda tanya.

Dari bisik-bisik warga ternyata Kapolda sedang melakukan kunjungan resmi ke Kediaman Ketua PW NU Riau di RA Kopi Aren jalan Siak II Palas Pekanbaru tersebut.

Kabarnya kunjungan tersebut bertujuan menjalin sinergitas antara polri dan salah satu organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia yang memiliki peran yang sangat strategis dalam merajut persatuan dan kesatuan antar masyarakat,

Bukan saja Kaplda Iqbal terpantau Kamtibmas dan turut serta dengan tujuan dalam meningkatkan ketahanan pangan.

Dalam kunjungannya, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K.,M.H terdengar beliau meminta dukungan doa restu saat menjalankan tugas yang telah diamanahkan Kapolri kepadanya.

Karena menurut Iqbal, tugas yang diembankan kepadanya membutuhkan dukungan dari berbagai elemen masyarakat, salah satunya PW NU Riau.

 

Bak gayung bersambut, harapan dari Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal disambut baik oleh  Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad, SE. Ia mengapresiasi kedatangan Kapolda Riau ke Kediamannya di RA Kopi Aren Jalan Siak II. Ketua PW NU Riau itu pun memberi apresiasi kepada Kapolda Riau yang diawal masa jabatannya  melakukan silaturahmi ke PW NU Riau, Ormas Ormas Islam, Kepemudaan, Tokoh Adat, juga Forkopimda Provinsi Riau.

Dalam menjamu kedatangan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad didampingi jajaran pengurus PW NU Riau, diantaranya.

Rais Syuriah PW NU Riau Prof DR. KH Ilyas Husti. MA, Dr KH  A Ghazali M.Si. Khatib Drs.KH Zainudin Ummnur. A'Wan Pof H.Syafrinaldi SH MH (rektor UIR).

Sekretaris PW NU Riau Drs. H. Afrialsyah Lubis .M.Pd (Kemenag Rohul). Wakil ketua H.M.Jamil M.Ag.  (Sekko kota pekanbaru ). Ir. H. Harmansyah (pengusaha). H. Erizon Efendi (Kemenag Inhu) Datuk Muspidawan, S.H., M.H. DR. H Darwison. Dr Ir. Ujang Paman (Dekan pertanian UIR) 

Wakil sekretaris PW NU Riau H. Syahrial, S.H. Asrinaldi. Ridho Ihsan SE. M. Rifky Pahlevi ST. Wakil Bendahara H. Irwan Suryadi SE (Keuangan DPRD). H. Reno Afriadi, dan Undangan diantaranya Camat Rumbai Barat dan M. Rasuk Hamid, S.H.,M.H.

"Tentunya kami keluarga besar Nahdatul Ulama Riau selalu mendukung dan mendoakan abangda kami Irjen Pol Muhammad Iqbal agar selalu dilindungi Allah SWT. Didalam menjalankan amanah yang beliau emban selalu diberi kemudahan sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat di provinsi Riau selalu terjaga," kata Ketua PW NU Riau kepada awak media, kamis (6/1/22).

Rusli Ahmad menilai apa yang dilakukan oleh Irjen Pol Muhammad Iqbal merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan ketertiban masyarakat. "diawal masa jabatannya, beliau langsung menjalin silaturahmi kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, dan pemerintahan. Ini merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan kemananan dan ketertiban, terlebih lagi pada masa sekarang ini banyak bermunculan berita fitnah dan berita hoax yang mengancam ketertiban masyarakat dan tidak tertutup kemungkinan hingga mengakibatkan konflik horizontal maupun konflik vertikal," beber Rusli Ahmad.

 

Maka dari itu Ketua PW NU Riau itu menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama kepolisian mencegah sedini mungkin timbulnya konflik ditengah masyarakat yang diakibatkan oleh berita berita hoax dan pemahaman-pemahaman yang mengarah kepada radikalisme.

"Tentunya kami sangat mengapresiasi Kapolda Riau yang penuh santun dan bijaksana, beliau merangkul semua pihak untuk melakukan tugas-tugas kenegaraan yang diembankan kepada beliau, utamanya kamtibmas. Dalam mendukung program kerja kapolda Riau, kami dari PW NU Riau menjadi garda terdepan menjaga ketertiban masyarakat dengan selalu bersinergi dengan kepolisian Daerah Riau untuk bersama-sama mencegah berkembangnya paham radikalisme yang dapat merong-rong keamanan dan ketertiban masyarakat yang berpotensi memicu terjadinya konflik Horizontal ataupun konflik Vertikal. Dan bukan hanya itu saja, kami juga akan selalu bersinergi dengan pihak-pihak terkait untuk memberantas peredaran Narkoba, mencegah kebakaran hutan serta mensukseskan vaksin nasional," imbuh Ketua PW NU Riau yang juga Ketua Umum Santri Tani NU itu.

Rusli Ahmad mengatakan pada pertemuan tersebut diawali pemberian santunan kepada anak yatim sejumlah 40 orang yang diserahkan langsung oleh Kapolda Irjen Pol Muhammad Iqbal, S.I.K.,M.H. " Kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah dan makan siang bersama," terang Rusli Ahmad.

Pada pertemuan siang itu Ketua PWNU mengatakan ada momen yang menarik, Kapolda mengatakan bahwa pada saat makan siang tadi, Kapolda Riau makan sangat lahap, dimana sebelum melakukan kunjungan ke Kediaman PWNU, Kapolda melaksanakan ibadah rutin puasa Senin Kamis, tetapi untuk menghormati tuan rumah dan sudah berjanji untuk makan bersama Kapolda membatalkan puasanya.

"Puasa Senin Kamis adalah ibadah sunnah, dan memuliakan tuan rumah yang sudah memuliakan tamu wajib hukumnya. Dan nilai ibadah puasanya InsyaAllah sudah kesampaian, dan memuliakan tuan rumah juga sudah kesampaian. Dan kami sangat mengapresiasi ketaqwaan beliau dalam menjalankan perintah agama," pungkas Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad, SE.

Usai makan bersama Kapolda berkesempatan menanam pohon kurma Azwa di halaman rumah PW NU Riau. "Sebagai penghormatan kepada beliau, varietas Kurma Azwa yang ditanam beliau kami sebut kurma Varietas Muhammad Iqbal," tutup Ketua PW NU Riau T. Rusli Ahmad.**