Tak Hentinya Bripka Penerima Pin Emas Kapolri Ini Menunjukkan Baktinya Pada Masyarakat tidak Mampu

Tak Hentinya Bripka Penerima Pin Emas Kapolri Ini Menunjukkan Baktinya Pada Masyarakat tidak Mampu

Inhil - Dimasa sulit saat Pandemi ini ternyata masih ada masyarakat yang peduli akan lingkungan mereka, misalnya di Indragiri Hilir (Inhil) Riau, seorang petugas Bhabinkamtimas Polsek Pasir Penyu, Desa Batu Gajah dan Desa Pasir Keranji bernama Bripka Ripal Indrawarta menyisihkan sedikit gaji untuk menolong warga ditempat dia bertugas.

Dikalangan masyarakat, Bripka Ripal Indrawarta, ini, memang cukup dikenal. Saat bertugas dengan tidak ragu dirinya selalu memperhatikan semua kalangan termasuk organisasi kepemudaan.

“Dia selalu ringan tangan, bermasyarakat dan kerap menolong orang-orang tak mampu di Desa kami,” kata warga Desa Batu Gajah, Andi Salim, Senin (3/1/22).

Dikatakan Salim, Sudah kesekian kalinya, polisi penerima pin emas dari Kapolri berpangkat Bripka dalam melakukan kegiatan sosial dikalangan masyarakat.

“Kalau menurut saya yang kami teladani dikampung kami adalah Bripka Ripal Indrawarta, dia memang sosok polisi berjiwa besar, maka sepantasnyalah dia menerima penghargaan,” katanya.

Belum lama ini warga tersentuh dengan aksi yang dilakukan Bripka Ripal, dia membopong sendiri warga kurang mampu yang mengalami kelumpuhan layu ke RSUD Indrasari Pematang Reba untuk berobat. “Bayangkan dibopongnya sendiri”.

Warga bernama Candra (16) ini menderita lumpuh selama 6 tahun hingga 2 tahun kebelakangan tidak bisa berjalan. Ingin berobat, namun keluarga tidak mampu karena tidak memiliki biaya.

Candra merupakan siswa pinter SMK Muhammadiyah Air Molek serta Hapiz Al'Quran. Dia merupakan anak dari keluarga kurang mampu Sugeng (45) warga Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu, Inhu yang kesehariannya bekerja sebagai pekerja buruh.

Keluarga tidak membawa anaknya untuk berobat beralasan biaya tidak ada dan sang ayah terpaksa membiarkan anaknya sakit parah, lumpuh tidak bisa berjalan.

Polisi satu ini merasa terpangil menolong tanpa pamrih dengan sepontan. Saat Diwancara wartawan Bripka Ripal Indrawarta mengaku, “melihat kondisi seperti itu, saya langsung membopongnya ke RSUD Indrasari Rengat untuk berobat dan membuatkan BPJS Kesehatan secara gratis".

"Awal mengetahui kondisi seperti ini, saat menyambangi warga dan mendengar keluhan bapak Sugeng. Saya langsung bawa berobat serta memfasilitasi apapun keperluannya tanpa ada basa basi serta mengurus semua administrasinya. Pak Sugeng memiliki BPJS Kesehatan tapi yang mandiri, agar memudahkan semua urusannya, BPJS mandiri tadi langsung saya minta rubah oleh kantor BPJS menjadi BPJS Kesehatan yang geratis supaya dikemudian hari bisa berobat gratis," beber Bripka Ripal Indrawarta.

"Alhamdulilah setelah berobat ke RSUD Indrasari dan mendapat pelayanan dengan baik oleh Rumah Sakit, Candra diberikan obat dan disarankan cek kontrol untuk melihat perkembangan kesehatannya," sambung Bripka Ripal Indrawarta bahagia.

Tidak sampai disitu saja, setelah sampai dirumah Bripka Ripal juga membelikan kursi roda dari hasil gaji pribadinya untuk Candra agar mempermudah kegiatan sehari-hari.

"Memang dari hasil gaji pribadi membelikan kursi roda tersebut agar dapat membantu kegiatan sehari-hari dan mudah-mudahan Allah menyembuhkan Candra dari sakit lumpuh yang ia derita," pungkas Bripka Ripal yang pernah menerima Pin emas Kapolri ini.**


Video Terkait :