Hasil Survei Ganjar Pranowo 58,3 Persen, Prabowo dan Puan Berapa?

Hasil Survei Ganjar Pranowo 58,3 Persen, Prabowo dan Puan Berapa?

Jakarta - Lembaga survei Populi Center melaksanakan poling mulai tanggal 1 hingga 9 Desember 2021 di 34 provinsi yang tersebar diwilayah Indonesia, hasilnya Ganjar Pranowo 58,3 persen, Anies Baswedan 47,3 persen, Prabowo Subianto 46,6 persen, Erick Thohir 27,5 persen dan Puan Maharani 17,5 persen.

Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling) dari kerangka sampling yang dimiliki Populi Center.

Survei dukungan terhadap Capres 2024 dilakukan melalui wawancara telepon terhadap sampel pemilik telepon, pertanyaannya “Apakah akan memilih lima tokoh yang disebutkan apabila tokoh tersebut maju sebagai calon presiden di tahun 2024?”.

Responden dipilih secara acak dari populasi pemilih yakni penduduk berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dari basis data populasi survei Populi Center sejak tahun 2013-2021.

Adapun Margin of error pada survei ini sebesar ±2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Tujuan survei tersebut salah satunya untuk mengetahui perkembangan politik nasional yang meliputi elektabilitas calon presiden 2024 dan elektabilitas partai politik.

Peneliti Populi Center, Nurul Fatin Afifah, dalam konferensi pers virtual menjelaskan mengatakan dari 5 nama tokoh itu disebutkan secara terpisah sehingga ada kemungkinan setiap responden memilih lebih dari 1 nama, karena responden tidak diharuskan untuk memilih mana nama yang paling akan dipilih.

"Figur Ganjar Pranowo memang mendapatkan presentase dukungan dari masyarakat yang paling tinggi yaitu 58,3 persen. Anies Baswedan 47,3 persen, Prabowo Subianto 46,6 persen, Erick Thohir 27,5 persen, Puan Maharani 17,5 persen," ujar Nurul, Senin (20/12/21).

Ditanya mengapa hanya 5 nama ini saja, jadi 3 nama teratas itu adalah Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto adalah nama yang dianggap populer.

“Erick Thohir itu adalah nama yang akhir-akhir ini mulai muncul sedangkan nama Puan Maharani adalah nama yang diperkirakan untuk elite partai sebagai elite partai yang akan diusung,” pungkas Nurul.**