Saat Agenda G20, Pada Jajaran Kepolisian Ingat Ini Pesan Jokowi

Saat Agenda G20, Pada Jajaran Kepolisian Ingat Ini Pesan Jokowi

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di akun YouTube Sekretariat Presiden, terdengar mengancam akan mencopot Kapolda-Kapolres yang tak bisa mengawal agenda besar, saat berbicara mengenai pentingnya investasi bagi ekonomi Indonesia.

Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia dihadapkan pada agenda besar yaitu G20. Menurut Jokowi, Indonesia menjadi negara berkembang pertama yang memegang keketuaan G20.

"Jaga, sekali lagi, jaga yang namanya investasi. Investasi yang sudah ada, investasi yang baru berproses maupun investasi yang baru datang, jaga. Saya sudah titip juga ke Kapolri. Kapolda yang tidak bisa menjaga sama, diperingatkan, kalau memang sulit nggak bisa mengawal, nggak bisa menyelesaikan, yang berkaitan dengan agenda besar negara kita, ya maaf. Saya memang nggak bisa ngomong keras, nggak bisa dia, ganti," ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada Kasatwil tahun 2021, Jumat (3/12/21).

Kata Jokowi, Indonesia harus menjaga kehormatan tergabung bersama negara-negara besar di G20. Jokowi tak ingin ada hal sekecil apa pun yang mengganggu keketuaan Indonesia.

"Ingat, bahwa G20 ini adalah negara-negara dengan PDB besar, negara-negara dengan GDP, growth domestic product yang gede, yang ada di dunia ini, Pendapat domestik bruto yang gede. Amerika ada di situ, China ada di situ, Rusia ada di situ, Prancis ada di situ, Jerman ada di situ, Italia ada di situ, Inggris ada di situ. Brasil ada di situ, Australia ada di situ, negara-negara gede semuanya. Arab Saudi ada di situ, Korea, Jepang ada di situ," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, "kita sudah berada di dalamnya sehingga harus menjaga betul-betul kehormatan dan kepercayaan yang diberikan kepada negara kita Indonesia sehingga sekali lagi, harus kita jaga betul".

"Ingat jangan sampai ada letupan sekecil apapun yang berkaitan dengan keketuaan kita di G20. Dan kemarin sudah dimulai, karena ada 150 meeting di dalam kegiatan G20 ini. Meeting-meeting besar," ujar Jokowi.**


Video Terkait :