TPA Sampah Kota Pekanbaru Pindah Ke Pinggir Jalan Dikritik

TPA Sampah Kota Pekanbaru Pindah Ke Pinggir Jalan Dikritik

Pekanbaru - Upaya maksimal yang katanya tengah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Pekanbaru, Riau, agar pola pembuangan akhir sampah terkoordinir dengan baik jauh dari kenyataan, buktinya TPA Muara Fajar yang digadang-gadang mengejar target Piala Adipura di Akhir Kepemimpinan Firdaus itu akan kandas karena TPA kini sampah ditumpuk di pinggir jalan di Kota Pekanbaru.

Banyaknya ditemukan sampah dibuang sembarangan dan sampah berserakkan di jalan penganti TPA Muara Fajar itu dikritik oleh warga jalan Jalan Rajawali Sakti Ujung, Sulaiman, Minggu (21/11/21).

"Target Piala Adipura di Akhir Kepemimpinan kakanda Firdaus bakal jadi isapan jempol, pasalnya di hulu sampah kini dibuang bukan ke TPA tapi kepinggir jalan," kata warga pada media ini.

Karena beberapa waktu lalu sampah tak kunjung diangkut petugas ke TPA, salah seorang warganet mengabadikan dan mempsoting ke media sosial Facebook,

"Kalau katanya melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan di TPA Muara Fajar selayakany DLHK Pemko Pekanbaru tidak lupa akan tumpukan sampah dipinggir jalan.

Video sampah dibuang di Jalan Rajawali Sakti Ujung tepatnya berdekatan dengan rumah sakit Madani, dan Jalan Erengka lewat Simpang Sigunggung dan Jalan Riau, kini menjadi sorotan marganet mengritik dan mendukung.

"Melihat tumpukan sampah berserakan dipastikan sampah ini akan memenuhi drainase dan ini merupakan salah satu penyebab banjir. Kami mencium busuk setiap hari apalagi setelah disiram hujan," kata warga ini.

Kritikan di Medosos ini karena fokus pembuangan sampah semestinya terkoneksi dengan baik dari hulu menuju hilir yang katanya diupayakan Kabid Persampahan, DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, yang kini telah menjadi Plt Kadis itu akan membenahi secara terpadu agar pembuangan sampah di hilir tidak lagi terkendala seperti sebelumnya kini malah jadi derita warga. "baunya yang tidak tahan," kat warga.

Mengutip pernyataan Kadis DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, disalah satu media, yang mengharapkan dukungan masyarakat Kota Pekanbaru agar pola penanganan sampah di TPA bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan Walikota Pekanbaru H Firdaus, ST, MT., tentunya dengan sampah berserakan dihulunya merupakan hambatan tersendiri bagi Kadis.

“Ada sejumlah penanganan yang tengah kita lakukan. InsyaAllah kalau semua berjalan dengan lancar. Hilir pembuangan sampah di Kota Pekanbaru bisa tertata dengan baik,” demikian kata Hendra pada media.

Dikonfirmasi Kadis DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi, sampai berita ini dirilis sudah terhubung namun belum menjawab.**