Amanat Saat Pelantikan Pejabat Eselon lll dan lV Pemkab Pelalawan, H Zukri; Awas Jika Kedapatan Pungli

Amanat Saat Pelantikan Pejabat Eselon lll dan lV Pemkab Pelalawan, H Zukri; Awas Jika Kedapatan Pungli

Advertorial - Untuk menjawab kabar yang beredar dua bulan terakhir terkait mutasi jabatan yang telah dijanjikan, akhirnya Bupati Pelalawan H Zukri Misran, resmi melantik 183 pejabat eselon lll dan lV di lingkungan Pemda Pelalawan, di lapangan upacara kantor bupati, pada Jumat (30/7/21). Pejabat dilantik sebanya 183 selon ll dan pengawas sebanyak 49 orang dan pejabat eselon IV kemudian pejabat  administrator sebanyak 134 orang.

Pengambilan sumpah sengaja digelar di lapangan terbuka pada pagi hari, sekaligus berjemur di bawah matahari pagi. Sebagian dari pejabat merasa sedikit kecewa terlihat dari bahasa tubuh maupun raut wajah karena posisinya tergeser dan sebagian lain merasa senang karena berpindah ke OPD yang besar ataupun mendapat promosi jabatan.

Pelantikan 183 pejabat eselon lll dan lV di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan kali ini berbeda dibandingkan dengan yang pernah dilakukan sebelumnya. Pelantikan perdana masa pemerintahan Bupati Zurki dan Wakil Bupati Nasarudin digelar di lokasi terbuka yakni di lapangan upacara kantor bupati.

Jika pada pemerintahan Bupati HM Harris pengukuhan pejabat digelar di ruang tertutup seperti auditorium lantai lll maupun gedung daerah Datuk Laksamana Mangkudiraja.

Para pejabat duduk di kursi tanpa ada tenda atau atap penutup. Demikian juga Bupati Zurki, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta pimpinan OPD yang hadir juga duduk beratapkan langit pagi.

Para pejabat yang dikukuhkan kebanyakan untuk mengisi jabatan kosong, rotasi, serta sebagian ada yang dipromosi. Pelantikan pejabat ini merupakan perdana setelah Bupati Zukri dan Wakil Bupati Nasarudin menjabat sebagai kepala daerah periode 2021-2024.

Dalam sambutannya, Bupati Zukri berpesan agar para pejabat berkerja dengan tulus dan ikhlas sesuai dengan tugas maupun tanggungjawab yang diberikan. “Jika merasa belum mendapat jabatan yang cocok, para birokrat itu diminta menunjukan kemampuan melalui kinerja yang bagus, agar kedepan bisa ditempatkan pada posisi yang baik. Bagi pejabat yang dipromosi dan dipindahkan ke OPD yang besar juga diingatkan agar tidak berbangga hati,” kata H. Zukri, di hadapan para pejabat yang baru dilantik.

Ulas dia, "Bapak dan ibu jangan senang dulu, karena evaluasi berjalan terus. Bisa saja beberapa bulan kedepan dievaluasi kembali, jika kinerjanya tidak baik,"

Zukri menegaskan, pejabat yang telah mengucapkan sumpah dan janjinya harus loyal terhadap pimpinan dalam menjalankan program kerja. Kemudian diminta segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru serta mengeksplorasi kemampuan semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat.

Ia menekankan, dalam pelayanan kepada warga tidak ada lagi terdengar Pungutan Liar (Pungli) yang dilakukan para pejabat maupun pegawai terkait. Politisi PDI Perjuangan ini tidak akan tinggal diam jika didapati oknum pejabat yang bermain-main dengan Pungli.**