Pekan Depan, Operasi Zebra Dimulai

Pekan Depan, Operasi Zebra Dimulai

Kapolres Inhu AKBP Bakhtiar Alponso

INHU – Awas, jika tida ada aral melintang operasi Zebra akan dimulai pekan depan. Tujuannya, merubah mindset berlalu lintas yang patuh dengan revolusi mental.

Kapolres Indragiri Hulu (Inhu) AKBP Bakhtiar Alponso membenarkan operasi Zebra akan dimulai selama dua pekan terhitung Senin (15/11) pekan depan hingga 28 Nopember 2021.

Oprasi Zebra dilakukan jajaran Mapolres Inhu mellaui Satlantas sehingga setiap Masyarakat yang melakukan mobilitas harus melengkapi surat – surat kenderaan bermotor. “Masyarakat pengguna kendaraan bermotor diminta lengkapi surat-surat kendaraan,” pesan Kapolres, Selasa 09 Nopember 2021 di Rengat. “Operasi ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia,” sambung Kapolres.

Dijelaskan, operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap undang - undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Darat dengan harapan terciptanya perubahan mindset berlalu lintas menjadi kepatuhan atau revolusi mental dan terwujudnya Kamseltibcar dalam meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan berlalu lintas sekaligus meningkatkan disiplin masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dalam berlalu lintas.

Target operasi lainnya adalah pengemudi yang menggunakan handphone saat berkendara, pengemudi melawan arus, pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari 1 orang, pengemudi dan penumpang yang tidak memakai sabuk keselamatan, pengendara sepeda motor tidak mengenakkan helm standar SNI, pengendara dan pengemudi yang berada dalam pengaruh narkoba atau minuman keras serta pelanggaran lainnya.

Selama operasi dilaksanakan Masyarakat diharap melengkapi surat-surat kendaraan saat berpergian serta mematuhi peraturan lalu lintas agar terhindar dari tindakan saat operasi. Pesan Kapolres. (krc)