SK Bupati Bintan Plin-plan Satu Dinas Dua PLT Kadis

SK Bupati Bintan Plin-plan Satu Dinas Dua PLT Kadis

Kabar Daerah - Ada cerita menarik masalah pelantikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bintan, Kepulauan Riau, bayangkan hitungan hari dua orang kadis hampir saja dilantik dengan SK yang nyaris sama.

Ini yang terjadi di Pemkab Bintan, Kepulauan Riau, dimana Bupati Bintan Apri Sujadi sebelumnya telah mengeluarkan SK Plt Kadisdukcapil Kabupaten Bintan pada tanggal 24 Januari 2019 lalu dengan menunjuk Kadisnya Irianto sebagai Plt, namun belum genap seminggu menjabat selanjutnya Bupati melantik Plt lain.

Kejadiannya pada hari Selasa (29/01/19) pada saat apel pagi di Kantor Disdukcapil sejumlah pebawai melongo, pasalnya yang diumumkan surat keputusan Bupati Bintan bahwa Plt Kadisdukcapil Bintan yang baru di tunjuk oleh SK bupati Nomor 55/SP/2019 berubah tanpa pemberitahuan pada PLt baru Ismail.

Sementara pelantikan PLT Kadisdukcapil Irianto sebelumnya dilaksanakan sesuai dengan SK Nomor 53/SP/2019, telah menunjuk Irianto, tentunya saat selesai acara apel sejumlah warga menumpuk dan bingung sebab Plt yang harus menandatangani dokumen kependudukan warga Bintan tidak jelas karena dualisme kepemimpinan.

Dari Dualisme SK tersebut terdapat kejanggalan bahwa kedua surat SK tersebut sama-sama di keluarkan oleh Bupati Bintan pada tanggal 24 januari 2019 dimana saat itu irianto yang di lantik menjadi Plt Kadisdukcapil Bintan.

Anehnya lagi tidak satupun pihak yang berkopeten di Pemkab Bintan yang mau berkomerntar terkait hal ini. Bahkan kepala BKD Bintan, Dra Irma Annisa, di wawancarai malah menolak bahkan kabur dari hadapan wartawan.

Akibatnya warga kecewa di kantor itu, sebab mereka datang jauh dari sejumlah kecamatan di Bintan, yang notabenennya untuk sampai dikantor Disdukcapil bukan jalan yang mudah dilalui, mereka harus naik kapal.

"Saya kecewa sebab KTP dan kartus keluarga saya tidak ada yang berani tanda tangan, ini ada apa," jelas warga Bintan, Sukirman (38th), Rabu (30/01/19) pada Kabarriau.com.

Dia berharap Bupati konsisten dalam memilih Kadis di Pemkab Bintan, seharusnya sebelum menentukan pilihan harus berpikir jernih, "Saya berharap Kemendagri tahu dualisme Plt Kadisdukcapil di Bintan ini," pungkasnya.*Sabri