Jelang HUT Karyadhika ke 76, Rutan Rengat Gelar Giat Donor Darah dan Ziarah ke TMP

Jelang HUT Karyadhika ke 76, Rutan Rengat Gelar Giat Donor Darah dan Ziarah ke TMP

HUT Karyadhika, Rutan Rengat Gelar Giat Ziarah ke TMP

INHU - Dalam rangka menyambut hari Dharma Karyadhika ke-76 Tahun 2021, rombongan pegawai dan Dharma Wanita Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Rengat melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pematang Reba, Selasa pagi (26/10).

Kegiatan di awali dengan upacara penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Rengat, Refin Tua Simanullang, lalu dilanjutkan dengan kegiatan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di makam Pahlawan. 

Menurut Refin, kegiatan ziarah merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan insan Kemenkumham terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan untuk Indonesia.

"Perlu saya sampaikan ziarah ke TMP ini merupakan bentuk upaya untuk menghargai jasa dan perjuangan para pejuang yang telah di berikan untuk Indonesia, dan kiranya semangat Nasionalisme ini dapat kita implementasikan dalam mengemban tugas di lembaga pemasyarakatan," sebut Refin.

Sebelumnya, sempena menyambut HUT Kemenkumham, petugas Rutan Kelas II B Rengat bersama Rupbasan juga menggelar kegiatan kemanusiaan. 

Antara lain pemberian masker, hand sanitizer, bagi warga yang terdampak covid-19 hingga melaksanakan kegiatan donor darah yang dilakukan seluruh pegawai Rutan Rengat. 

Kegiatan kemanusiaan sebagai bukti kita kemenkumham hadir di tengah-tengah masyatakat Indragiri Hulu (Inhu) khususnya.

Selanjutnya, untuk proses donor darah sendiri Rutan Kelas II B Rengat bekerja sam dengan RSUD Indrasari, yang mana prosesnya seluruh pegawai akan melewati proses screening terlebih dahulu perihal apakah pegawai tadi layak apa tidak untuk mendonorkan darahnya.

"Puji tuhan dari hasil donor, kami dapat menyalurkan 4 kantong darah. Untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan ini akan terus kita laksanakan dan kiranya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat luas dan menjadi bukti bahwa Kemenkumham terus eksis di usia yang tak lagi muda," tutur Refin. (KR)