Kapal Karam

17 Orang ABK Pajeko KM Petra 01 Selamat

17 Orang ABK Pajeko KM Petra 01 Selamat

Kabar Peristiwa – Kepala Sub Seksi Operasi Basarnas KN Pandudewanata 237, Saiful Wijanarta membenarkan telah menyelamatan 17 orang ABK Pajeko, KM Petra 01, yang tenggelam di sekitar perairan Mayau, Kecamatan Batang Dua, Kota Ternate, Maluku Utara, Selasa (29/1/19). Seluruh ABK berhasil dievakuasi ke Pulau Mayau dalam keadaan selamat.

17 ABK tersebut yaitu Rifandi Singale (Capt), Hermanto Halibaul, Mario Tampilang, Andreas HH Bidala, Alan Dalince, Viky Balahai, Agusto PK Bawole, Herman Dadu, Lukis Wawa.

"Dan lainnya , Ritwan FF Lala, Alvin Saojab, Viky Tumimbang, Romalia Lasarus, Maurlino Mandagi, Fandi Tumimbang, Lery Makagansa serta Daniel W Salinggir, mereka dievakuasi oleh tim gabungan keseluruh ABK asal Sulawesi Utara itu langsung dibawa ke Ternate untuk dilakukan pendataan, setelah itu akan dipulangkan ke daerah asalnya," katanya

Dijelaskannya, fiber bagian haluan sebelah kanan kapal pecah terhantam ombak setelah itu Basarnas Ternate menerima emergency call dari Capt Rifandi Singale (KM Petra 01), bahwa kapal mereka mengalami kecelakaan dan tenggelam di Perairan Pulau Mayau, Kecamatan Batang Dua, Ternate.

Kejadian itu terjadi pada Minggu (27/1/2019) pukul 13.00 WIT, kabarnya Kapal  sempat putar haluan ke Manado, namun papan lunas haluan tercabut sehingga mengakibatkan kebocoran.

"Berhubung arus kuat kapal terdampar di Pulau Mayau, dan dievakuasi oleh Kapal Ayuda Kupang Jaya 05 menuju Pulau Mayau pada Senin (28/1/19).**