Pelatihan Pengetahuan Dasar R&D HMMI

Yoon Sook Choi; "Hyundai Motor Mendukung Pembangunan yang Berdampak Positif"

Yoon Sook Choi; "Hyundai Motor Mendukung Pembangunan yang Berdampak Positif"

Jakarta - Pakar teknis yang telah memiliki belasan tahun pengalaman di industri otomotif Indonesia R&D Manager Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Arief Tri Wahyudi, memberikan materi pelatihan pada lebih dari 20 peserta PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang terpilih mengikuti pelatihan pengetahuan dasar R&D.

Pelatihan pengetahuan dasar R&D ini diberikan sejak bulan April lalu dimana pelatihan diberikan kepada lebih dari 60 mitra lokal pemasok komponen kendaraan Hyundai.

"Kegiatan pelatihan R&D ini adalah realisasi dari komitmen Hyundai Motor untuk berkontribusi bagi perkembangan sumber daya manusia di industri Indonesia, salah satunya melalui upaya untuk semakin memperkuat kualitas SDM lokal," kata Arief Tri Wahyudi.

Selain memberikan pengetahuan lanjutan dari materi yang telah dibagikan di tahap awal, Arief juga akan membagikan pengetahuan krusial bagi industri manufaktur, terutama bagi kebutuhan Research & Development, seperti drawing workshop dan desain perangkat lunak.

Lebih jauh lagi jelas Arief, akan ada juga pelatihan tahap lanjutan serta undangan untuk berpartisipasi pada pelatihan tahap akhir yang rencananya akan diselenggarakan pada awal tahun depan. Para peserta akan memperoleh program pendidikan yang lebih detail lagi demi menjaga keberlanjutan kualitas SDM para mitra lokal.

“Hyundai menjadikan Indonesia sebagai pusat R&D pertamanya di ASEAN, melengkapi R&D Center lainnya yang saat ini berlokasi di Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, dan India," katanya.

Komitmen dan keseriusan Hyundai lanjut Arief, untuk terus berinovasi tentunya menjadikan pelatihan ini menjadi sebuah wadah pengetahuan yang berharga bagi masyarakat Indonesia.

"Saya merasa senang dan bangga atas semangat dan antusias yang ditunjukkan oleh mitra lokal yang menjadi peserta pada pelatihan R&D ini,” ungkap Arief.

Pada pelatihan tahap awal, semua peserta dibagikan pengetahuan R&D tingkat dasar mulai dari tentang prosedur pembuatan kendaraan dan suku cadang, pengetahuan dasar desain kendaraan, hingga analisa failure mode.

"Berdasarkan penilaian keaktifan dan kedisiplinan para peserta di masa pelatihan tahap awal tersebut, Hyundai Motor kemudian telah memilih lebih dari 20 mitra lokal yang akan mengikuti pelatihan tahap lanjutan dengan informasi dan materi yang lebih lengkap selama satu bulan ke depan," katanya.
 
President Director PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Yoon Sook Choi, menyampaikan, “Kami menyadari bahwa Indonesia tengah fokus dalam upaya untuk memperkuat kualitas Sumber Daya Manusia-nya agar dapat secara efektif memanfaatkan momen bonus demografi saat ini".

Jelas Yoon Sook Choi, "Hyundai Motor selalu mendukung berbagai upaya pembangunan yang berdampak positif, terutama dalam hal yang terkait dengan pencapaian visi kami atas Progress for Humanity. Oleh karena itulah, bukan hanya produk dan layanan inovatif yang kami bawa ke Indonesia, namun kami juga melakukan transfer ilmu dan pengetahuan demi memaksimalkan usaha yang tengah diupayakan masyarakat Indonesia".
 
Mitra lokal ulas Yoon Sook Choi, "yang berpartisipasi dalam pelatihan R&D adalah mereka yang memasok komponen kendaraan dalam proses pembuatan kendaraan Hyundai, seperti kebutuhan untuk manufaktur kerangka mobil, body, hingga komponen lainnya untuk kelistrikan, eksterior, dan interior".**