Tanpa Sepengetahuan Pemilik, Kades di Inhu Terbitkan SKGR Kebun Milik Koperasi

Tanpa Sepengetahuan Pemilik, Kades di Inhu Terbitkan SKGR Kebun Milik Koperasi

Ilustrasi

INHU - Tanpa sepengetahuan pemilik kebun yang sah, kepala desa (Kades) Anak Talang Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terbitkan surat keterangan ganti rugi (SKGR).

Konon kabarnya surat jual beli tersebut diserahkan Kades Anak Talang kepada si pembeli warga Kecamatan Seberida. 

Namun sayang kebun kelapa sawit seluas 15 hektar yang sudah dibayar si Pembeli hingga ratusan juta rupiah tersebut hingga saat ini tak dapat dikuasai bahkan nyaris bentrok.

Manalu selaku kepala kebun membenarkan pada hari Senin (4/10) kemarin kubu pembeli vs pekerja Koperasi Jasa Tani Mulia Lestari nyaris bentrok dilokasi kebun Koperasi, Devisi V Desa Anak Talang.

Beruntung emosi kedua kubu mereda karena pada saat kejadian ada aparat. "Sampai tinju tinju mejalah, Pak," jawab Asisten Devisi V Kebun Kopeasi Jasa Tani Mulia Lestari itu, Selasa (5/10) kemarin.

Terpisah Kepala Desa Anak Talang Kecamatan Batang Cenaku Rosman Janidir membenarkan mengeluarkan SKGR untuk 15 hektar atas permintaan surat jual beli dari warganya. 

Namun sayang Kades Rosman Janidir tidak merinci siapa nama penjual dan pembeli. "Maaf saat ini saya konsen ngurus anak dulu. Anaksaya kema muntah darah, ni baru agak baikan," elak Janidir.

"Maaf pak tolong jangan ganggu dulu, anak saya masih terbaring di rumah sakit," sambung Kades yang mengaku sedang di Pekanbaru, Kamis 07 Oktober 2021.

Sebelumnya Rosman Janidir tidak menepis SKGR yang ia terbitkan diduga salah jual dan hingga saat ini ia belum berpikir mencabut SKGR yang salah terbit. Itu salah aja yg jual," singkat Janidir lewat seluler 

Camat Batangcenaku Mas'ud dan ketua Koperasi Jasa Tani Mulia Lestari hingga saat ini belum bisa dikonfirmasi. (KR)