Launching 2 Aplikasi, Bupati Inhu Berharap BUMDes Jadi Enterpreneur

Launching 2 Aplikasi, Bupati Inhu Berharap BUMDes Jadi Enterpreneur

INHU - Bupati Indragiri Hulu (Inhu) Rezita Meylani Yopi, secara resmi luncurkan aplikasi milik dinas pemberdayaan masyarakat dan desa (PMD) di Auditorium Yopi Arianto, Lantai 4 kantor Bupati Indragiri Hulu, Selasa, 21 September 2021.

Antara lain aplikasi Klinik Bunda (bumdes Inhu berdaya) dan aplikasi "Simpel" (Sistem Informasi Monitoring Pilkades) yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemkab Inhu bekerjasama dengan Diskominfo.

Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yopi menyambut baik dan mengapresiasi inovasi Dinas PMD dalam mendigitalisasi pelayanan masyarakat. 

Rezita berharap aplikasi Klinik Bunda dapat meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes menjadi lebih profesional, akuntabel dan berjiwa entrepreneur (wirausahawan).

Selain itu dengan adanya aplikasi "Simpel" diharapkan Pilkades Inhu yang akan dilaksanakan di 64 desa berjalan dengan aman dan sukses. Sebut Bupati mengapresiasi inovasi pelayanan digitalisasi kepada Masyarakat.

Sebelumnya, Riswidiantoro selaku ketua panitia melaporkan kedua aplikasi hasil kerja sama PMD dengan Diskominfo merupakan upaya percepatan pemulihan ekonomi dan menyukseskan Pilkades serentak di Inhu. 

Oleh karena itu, aplikasi ini berkontribusi dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan kehidupan berpolitik di desa.

Peluncuran aplikasi dihadiri Wakil Ketua DPRD Inhu, Forkopimda Inhu, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Aswandi, Kepala OPD Pemkab Inhu, Camat se-Kab Inhu, ketua forum kades, BPD dan bumdes se-Kab Inhu, serta pimpinan Bank pemerintah. (rls/sn)