Merasa Dirugikan Milyaran Rupiah, Besok PT Torganda Akan Digoyang Anggota Koperasi Sawit Karya Bhakti

Merasa Dirugikan Milyaran Rupiah, Besok PT Torganda Akan Digoyang Anggota Koperasi Sawit Karya Bhakti

Rohul - Kalau tak ada aral melintang besok Jumat (10/9/21), massa akan menduduki lahan Koperasi Sawit Karya Bhakti dalam areal Perkebunan Kelapa Sawit PT. Torganda, di Dusun III Mompa, Desa Mahato, Kecamatan Tambusai Utara, Rokan Hulu (Rohul), Riau.

Dikabarkan aksi diduga terkait tuntutan kepada Dinas Koperasi, UKM dan Nakertrans Rohul untuk mengesahkan dan mencatatkan kepengurusan Koperasi Sawit Karya Bhakti versi Rapat Anggota Luar Biasa (RALB)  yang telah di laksanakan pada tanggal 17 April 2019.

Berdasarkan kerterangan yang berhasil dihimpun redaksi kabarriau.com dari ketua terpilih, Sahbela Dalimunthe, "Koperasi Sawit Karya Bhakti Versi Rapat Anggota Luar Biasa yang telah di laksanakan pada tanggal 17 April 2019 telah selesai, namun pencatatan tidak kunjung dilakukan dan lahan mereka terus di "peras" oleh perusahaan sehingga anggota Koperasi dirugikan".

"Selain pencatatan kami meminta kembalikan kerugian anggota Koperasi senilai Rp 129.1Milyar pada perusahaan. Kemudian kembalikan hak dan tanah kami seluas 4.000 Hektar," kata Sahbela melalui telphon selulernya, Kamis (9/9/21).

"Dalam aksi besok kami akan di dampingi oleh anggota Lembaga Swadaya Masyarakat, doakan ya," kata Sahbela. 

Sahbela menyayangkan pihak PT. Torganda ikut capur dalam kepengurusan Koperasi saat ini. Sepertinya kata Sahbela ada dugaaan "konkalingkong" dengan  kepengurusan yang lama sehingga hasil musyawarah mereka seperti tidak diakui.

Ungkap Sahbela, "sesuai Rapat Anggota Luar Biasa Koperasi Petani Sawit Karya Bhakti di Jalan Lintas Timur, Dusun III Mompa Desa Persiapan Mahato Timur pada tanggal 27 April 2019 Ketua terpilih adalah saya".

"Saya akan meperjuangkan kezoliman ini, Insya Allah besok ratusan massa Anggota yang kiut rapat Luar Biasa Koperasi Petani Sawit Karya Bhakti akan menuntut haknya," pungkasnya.**