Siap-siap Anggota Taliban yang Arogan Akan Ditindak

Siap-siap Anggota Taliban yang Arogan Akan Ditindak

Afghanistan  - Setelah sukses melancarkan serangan-serangan kilat ke sejumlah ibu kota provinsi di Afghanistan, Taliban dengan mudah masuk ke Kabul, ibu kota Afghanistan pada Minggu (15/8) lalu .

Usai Taliban mengambil alih pemerintahan, sejak itu, warga Afghanistan dan kelompok-kelompok bantuan dan advokasi internasional telah melaporkan tindakan keras Taliban terhadap aksi-aksi protes, dan penangkapan mereka yang sebelumnya memegang posisi pemerintah, mengkritik Taliban atau bekerja dengan Amerika Serikat.

Dengan laporan itu salah seorang pejabat militan kelompok Taliban berjanji akan bertanggung jawab atas tindakannya dan akan menyelidiki laporan-laporan kekejaman yang dilakukan oleh anggotanya.

"Kami telah mendengar beberapa kasus kekejaman dan kejahatan terhadap warga sipil," kata pejabat Taliban itu. "Jika Taliban (anggota) melakukan masalah hukum dan ketertiban ini, mereka akan diselidiki," imbuhnya.

Pejabat itu, yang berbicara dengan syarat anonim, menambahkan bahwa kelompok itu dalam beberapa minggu ke depan, berencana untuk menyiapkan model baru untuk memerintah Afghanistan, pada Sabtu (21/8/21).

Dia menambahkan, "Kami dapat memahami kepanikan, stres, dan kecemasan. Orang-orang berpikir kami tidak akan bertanggung jawab, tetapi itu tidak akan terjadi," katanya.**