Kapolda Riau Dihadiahi Keris, Bupati dan Kapolres Inhu Dapat Tanjak Suku Pedalaman

Kapolda Riau Dihadiahi Keris, Bupati dan Kapolres Inhu Dapat Tanjak Suku Pedalaman

Foto Bersama Kapolda Riau, Bupati Inhu, Kapolres Inhu dan Mangku Adat Suku Talang Mamak di Inhu. (Foto Humas Polres Inhu)

INHU - Kado atau hadiah sebagai ungkapan rasa terimakasih kepada seseorang adalah bentuk sopan dan santun yang harus di imani sesama.

Contohnya sekelompok 'suku pedalaman' di Kecamatan Rakit Kulim Kabuapaten Indragiri hulu (Inhu) oleh Mangku Adat kepada Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi diberi kado Keris dan kepala Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dan Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, M.Si diberi Tanjak Khas Talang Mamak.

'suku pada laman' atau yang kerap disebut Suku Talang Mamak yang tinggal di daerah pedalaman Inhu itu menyerahkan balas jasa kepada Kapolda Riau, Bupati dan Kapolres Inhu berawal dari kepedulian Pemerintah kepada 'komunitasnya' yang notabene belum punya identitas KTP dan KK tapi punya hak mendapat suplai Imun dari vaksinasi gotong royong.

Bahkan vaksinasi gotong royong kepada ratusan warga Suku Talang Mamak secara Massal bersama warga dari 19 Desa se Kecamatan Rakit Kulim di Desa Talang Perigi dengan persiapan 800 Dosis disaksikan langsung Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi, Kapolres Inhu AKBP Bachtiar Alponso S.I.K, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, Dandim Inhu 0302 Lectkol Czi Eko Supri Setiawan, Wakil Bupati Junaidi Rachmad, Ketua DPRD Inhu Samsudin, Kepala Dinas Kesehatan Elis dan Kapolsek Kelayang AKP Obsen Samosir.

Vaksinasi Massal tahap satu dilakukan sebagai pendorong imunitas Masyarakat ditengah Pandemi Covid-19, juga merupakan rangkaian dari HUT RI ke 76 sehingga dianggap perlu penyelengaraan Vaksinasi Kemerdekaan harus di Desa Pedalaman dan terlayani dengan baik karena vaksinasi tidak hanya untuk warga kota.

Pada kesempatan itu Kapolda Riau mengatakan sudah dua kali menyambangi Suku pedalaman setelah Suku Sakai disusul kunjung kerja ke Suku Talang Mamak di Inhu.

Pemberian Vaksinasi ini tidak hanya diberikan di Kota saja, melainkan Desa pedalaman juga harus, seperti Vaksinasi bagi Suku Pedalaman Talang Mamak.

"Meskipun tidak memiliki NIK saat Lakukan Vaksinasi buat Suku Talang Mamak memiliki Sitem tersendiri, jadi saya minta layani masyarakat Suku Pedalaman Dengan baik,"Ungkap Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi.

Polisi dengan pangkat dua bintang dibahu itu kembali mengapresiasi Masyarakat yang terlihat mulai disiplin Prokes. "Saya juga melihat dalam perjalan ke sini tadi banyak masyarakat memakai masker itu artinya masyarakat Suku Talang Mamak mematuhi Protokol Kesehatan," aplausnya.

Dengan demikian, kata Agung, perilaku menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan akan menjadi kebiasaan hidup baru (New Normal) demi mencegah penularan Covid-19 dan menjaga hidup sehat.

Tidak luput Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi mengucapkan terimakasih kepada Kapolda Riau dan jajaran yang telah melaksanakan vaksinasi kepada warganya khususnya warga suku talang mamak dan hingga kini vbelum ada terkomfirmasi Covid-19. 

"Terimakasih kepada Bapak Kapolda dan jajaran atas terselengara nya Vaksinasi di Kecamatan Rakit Kulim Suku talang mamak yang memiliki 19 Desa, dan alhamdulilah warga talang mamak belum ada terkimfirmasi Covid-19," papar Bupati setelah presentase geografis Kabupaten Inhu.

Pantauan, sesaat sebelum memasuki wilayah Suku Pedalaman di Inhu, Kapolda Riau beserta Rombongan di sambut dengan tarian Rentak Bulian yang di bawakan oleh anak Suku Talang Mamak dan Batin Talang Mamak, Mangku Adat beserta Ketua adat sekaligus memberikan cendra mata. (Tim)