Saat Tim DPP APPI Riau Kunjungi BPPMD Pekanbaru di Kampar Ini Pesan Romi

Saat Tim DPP APPI Riau Kunjungi BPPMD Pekanbaru di Kampar Ini Pesan Romi

Pekanbaru - DPD Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) Provinsi Riau melakukan kunjungan ke Balai Patihan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPPMD) Pekanbaru di Kabupaten Kampar Rimbo Panjang, Sabtu (18/7/21) dalam rangka menjalankan program kegiatan APPI.

Ketua DPD APPI Provinsi Riau, Bung Romi saat melakukan lawatan ke BLM Pekanbaru itu menyebut, "tujuan dari kunjungan ini merupakan bagian dari program APPI provinsi Riau untuk menjalin komunikasi dengan stake holder agar program yang telah kami canangkan dapat bersinergi sehingga memberi manfaat yang luas kepada masyarakat".

Dijelaskannya, APPI merupakan perkumpulan para pewarta yang memiliki perhatian terhadap sektor pertanian, dimana sektor pertanian memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan ketahanan pangan dan memiliki potensi yang sangat menjanjikan dari segi ekonomi.

"Banyak dari masyarakat yang enggan terjun langsung pada sektor ini, salah satu penyebabnya karena kurangnya informasi yang diperoleh masyarakat tentang perkembangan pertanian di Indonesia dan Riau Khususnya," kata Romi dalam rilisnya yang dilihat redaksi Senin (19/7/21).

Kata Romi, “saat ini masyarakat masih banyak yang enggan terjun langsung pada sektor pertanian, kami melihat hal ini terjadi karena kurangnya publikasi tentang pentingnya pertanian ini, padahal pertanian merupakan sektor yang sangat menjanjikan untuk dijadikan peluang usaha, terlebih lagi saat ini dalam kondisi pandemi covid-19. Akibatnya banyak dari para pekerja yang harus di rumahkan oleh perusahaan”.

“Maka dari itu kami berharap dengan kunjungan ini dapat bersinergi dengan BLM Pekanbaru, sehingga program-program yang telah kami canangkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat,” pesan ketua DPD APPI Riau itu.

Tampak hadir pada acara terebut diantaranya Ketua DPD APPI bung Romi, didampingi oleh Sekretaris Zonny Hudri, dan bendahara Masrul Sikumbang, serta dari unsur DPP Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia, Syahrul Eff. Hs, dan Aznil Fajri.

Kepala (BPPMD) pekanbaru yang menerima langsung kunjungan Pengurus DPD APPI riau sangat antusias terhadap program yang dimiliki oleh DPD APPI Riau.

Ia mengatakan, ada sinkronisasi antara program DPD APPI dengan program yang saat ini dilakukan oleh BLM Pekanbaru.

“Pungsi dari BPPMD adalah memberikan pelatihan kepada masyarakat desa untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa mengembangkan usahanya sesuai dengan kearifan lokal, "kata kepala BLM Pekanbaru, Dadang.

Dengan keberadaan APPI ini hendaknya dapat membantu usaha masyarakat, khususnya masyarakat desa untuk mengembangkan, mempromosikan serta membantu pemasarannya dalam lingkup pemberitaan, " pungkas kepala BPPMD.**