2 ABK Kapal Pengangkut CPO Berbendera China di Dumai Positif Covid-19

2 ABK Kapal Pengangkut CPO Berbendera China di Dumai Positif Covid-19

Dumai - Dua orang anak buah kapal (ABK) kapal berbendera Hongkong merek MT. Maritime Suzanne Imo yang bersandar di Pelabuhan Kota Dumai ditemukan terkonfirmasi Positif Covid-19. 

Kapal dengan jumlah ABK 24 orang itu ada sebanyak 23 orang berkebangsaan India dan 1 orang berkebangsaan China. Saat ini kapal tersebut masih bersandar di Dermaga B Pelindo Dumai.

Kabarnuya, pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai akan melakukan upaya tindakan disinseksi/hapus serangga terhadap kapal tersebut. Saat ini kapal masih melakukan pemuatan Palm Oil Product (POP) di PT. Dumai Paracipta Abadi dan PT. Naga Mas.

Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surveillance Epidemiologi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kota Dumai membenarkan tentang adanya ABK Kapal China itu positif Corona. 

Dari informasi yang didapat redaksi kabarriau.com sebelumnya kapal ini berlayar dari Singapura dan baru tiba di Perairan Dumai pada Sabtu tanggal (26/6/21) sekira pukul 20.12 Wib.

"Pada saat kedatangan kapal dilakukan pemeriksaan karantina hasil nya tidak ada ditermukan faktor risiko, semua abk dalam keadaan sehat, maka diterbitkan COP (Free Pratique)," ungkap narasumber, Rabu (30/6/21).

Ketahuan ABK WNA ini bermula pada Selasa tanggal 29 Juni 2021 sekira pukul 08.00 Wib, pihak agen mendapatkan Hasil Swab PCR dari Pihak Rs. Awal Bross Pekanbaru bahwasanya ABK Kapal tersebut terkonfirmasi Positif  Covid-19.

Kemudian Pihak KKP Dumai menyarankan agar ABK tersebut dipindahkan Ke Hotel Superstar Dumai untuk melakukan Isolasi Mandiri selama 14 hari. Sampai saat ini keduanya masih diisolasi.**