Para Pangdam Se Indonesia Ditantang, Jokowi; Jangan Lupa Ikut Prokes Ya

Para Pangdam Se Indonesia Ditantang, Jokowi; Jangan Lupa Ikut Prokes Ya

Jakarta - Joko Widodo (Jokowi) menyapa Jokowi menyapa Kodam V/Brawijaya dan para Pangdam di seluruh Indonesia secara virtual dia meminta Pangdam-pangdam di Indonesia untuk membantu menggencarkan vaksinasi Corona di Tanah Air.

Seperti diketahui, Jokowi meninjau program vaksinasi massal di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dengan didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setiba di GBK, Jokowi langsung melambaikan tangan ke arah warga yang duduk di tribun. Sontak warga merespons dengan tepuk tangan dan sapaan ke Jokowi.

Jokowi langsung berjalan ke tenda vaksinasi. Jokowi tampak meninjau peserta vaksinasi dan tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas.

Bahkan Jokowi menantang agar para Pangdam di RI ini agar dapat menghabiskan vaksin COVID-19 jika jumlah dosis yang diberikan digandakan, pasca program 2 juta dosis vaksinasi untuk warga perhari dalam bulan Agustus.

"Pangdam, ini kan 209.000, kalau saya siapkan vaksin 400.000 sanggup nggak menghabiskan?" tanya Jokowi menantang Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto untuk bisa menghabiskan vaksin apabila jumlahnya dinaikkan dua kali lipat, Sabtu (26/6/21).

Namun walau begitu Jokowi harap dalam vaksinasi massal ini tetap menjaga protokol kesehatan, "tentunya agar Pangdam bisa menjaga jarak bagi para warga yang akan di vaksin".

Tak pikir panjang, tantangan Jokowi itu disanggupi Suharyanto. Dia siap menunggu kedatangan vaksin tambahan tersebut demi tercapainya target vaksinasi sebanyak 1 juta vaksin per hari.

"Sanggup bapak siap, kami menunggu tambahan vaksin untuk Jawa Timur. Kami akan laksanakan secepat mungkin sehingga target pemerintah 1 juta dan 2 juta vaksin segera bisa terealisasi," ujarnya.

Pertanyaan yang sama juga dilontarkan kepada Kodam IX/Udayana. Jokowi juga akan menambah jumlah dosis vaksin sebanyak dua kali lipat.

"Pertanyaan saya, saya lipat vaksinnya 2 kali, bisa menghabiskan nggak?" tanya Jokowi dan disanggupi oleh Pangdam IX/Udayana.

Jokowi turut menyampaikan terima kasihnya kepada jajaran Polda, Kodam, dan Pemerintah Daerah. Jokowi berharap mereka terus turun ke lapangan dalam penanganan COVID-19.

"Semuanya terima kasih pada Kodam, Polda, Pemerintah Daerah, dan sekali lagi saya ingin menekankan agar tindakan-tindakan lapangan, langkah-langkah di lapangan, mengontrol, mengecek semuanya yang berkaitan dengan COVID dilakukan oleh gubernur, bupati, dan wali kota dan didukung jajaran TNI-Polri dalam rangka mendisiplinkan masyarakat, utamanya terhadap protokol kesehatan," ucapnya.**