Kemunculan Anak Laki-laki Megawati Dipanggung Politik Jadi Perhatian Publik

Kemunculan Anak Laki-laki Megawati Dipanggung Politik Jadi Perhatian Publik

Jakarta - Dibandingkan Puan Maharani, jejak Muhammad Prananda Prabowo di jalur politik jarang tampak. Prananda dikenal sebagai 'tokoh misterius' atau 'man behind the door'.

Prananda pernah muncul di publik tahun 2010 setelah itu, ia tak pernah muncul kembali. Sosoknya hanya dapat dijumpai di media sosial, seperti Twitter, Facebook, ataupun situs pribadinya.

Di akun Twitter-nya, @pranandaprabowo, ia banyak berkicau tentang situasi perpolitikan negeri ini. Selebihnya, aktivitas Prananda jarang terlihat.

Namun hari ini Prananda muncul mendampingi sang ibu, Megawati Soekarnoputi, meresmikan patung Bung Karno.

Kehadiran Prananda ini pun cukup menyita perhatian. Sebab, Prananda memang cukup langka tampil di publik. Apalagi, kemunculannya kali ini di tengah polemik soal calon presiden PDIP.

Prananda Prabowo adalah putra kedua Megawati dari suami pertamanya, Letnan Satu Penerbang Surindro Supjarso.

Prananda atau Nanan masih dalam kandungan saat ayahnya wafat dalam kecelakaan pesawat Skyvan T-701 di Biak, Papua Barat, pada 1970. Ia lahir pada 23 April 1970.

Dari bocoran, Prananda sendiri sering terlibat dalam penyusunan pidato politik sang ibu, Megawati Soekarnoputri. Namun dengan merendah, Prananda mengungkap pidato tersebut disusun sesuai arahan ibunya. Prananda membantu mencarikan kutipan pidato-pidato Bung Karno, kakeknya.

Prananda sempat membuat heboh Kongres PDIP di Bali pada 2010 lalu ketika hadir dalam jumpa pers bersama sang ibu dan politikus PDIP Pramono Anung. Ia bahkan sempat digadang-gadang menjadi calon ketua umum pengganti Megawati.

Prananda jarang tampil sendiri. Penampilannya ke publik lebih sering karena mendampingi sang ibunda.

Prananda kerap mendampingi Megawati saat di Kongres maupun Rakernas PDIP. Dia juga sering terlihat menemani Presiden ke-5 RI itu menerima gelar honoris causa, baik di Indonesia, Jepang hingga China.

Prananda juga kerap berdiri di samping Megawati saat sang ibunda menerima tamu di kediamannya di Teuku Umar, Jakarta Pusat. Misalnya saat bertemu Prabowo pada 2019 lalu.

Ketua Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif, dan Ekonomi Digital DPP PDIP itu juga jarang bicara di publik. Dia beberapa kali terekam memberikan pernyataan hanya saat Kongres atau Rakernas PDIP.

Kendati demikian bukan berarti Prananda tak pernah tampil sendiri. Megawati pernah menugaskan Prananda untuk berdialog dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada 2018 lalu, tepatnya masa-masa jelang Pilpres 2019.**