Zona Merah, Dalam Sehari Positif Corona Inhu 90 Kasus

Zona Merah, Dalam Sehari Positif Corona Inhu 90 Kasus

INHU - Miris, kasus Pandemi di kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau semakin mengkuatirkan sehingga berada di posisi zona merah dengan resiko tinggi.

Dalam sehari kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 90 orang sehingga jumlah kasus di Inhu sejak Maret 2020 menjadi 2.526 kasus dengan rincian isolasi mandiri 314 orang, rawat di rumah sakit 18 orang, sembuh 2.119 orang dan tutup usia 75 orang.

Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu Jawalter S M.Pd Jumat 28 Mei 2021 mengatakan data terbaru yang dihimpun Dinas Kesehatan (Dinkes) pada Kamis (27/5) kemarin terdapat penambahan 90 kasus Covid-19 tersebar di 12 Puskesmas dan 9 Kecamatan se Inhu.

Kasus tertinggi terjadi di Puskesmas Pekan Heran. Yakni 32 orang, disusul Puskemas Lirik 13 orang, di Puskesmas Batang Peranap 10 orang, di Puskesmas Air Molek 10 orang, di Puskesmas Kombesko 9 orang, di Puskesmas Kota Baru 4 orang, di Puskesmas Sipayung 4 orang, di Puskesmas Pangkalan Kasai 3 orang dan di Puskesmas Sencano Jaya 2 orang.

Sedangkan di Puskesmas Rakit Kulim, di Puskesmas Peranap dan Puskesmas Kilan masing-masing 1 orang.

Dari 90 orang tersebut 86 orang diantaranya melakukan isolasi mandiri, 3 orang rawat di Rumah Sakit dan 1 orang meninggal dunia.

Penambahan kasus terjadi setelah dilakukan tracking kepada warga yang melakukan kontak erat kepada kasus konfirmasi Covid-19 dengan hasil reaktif dan kemudian dilanjutkan dengan pengambilan swab PCR dan hasilnya positif.

Pemerintah berharap kepada masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan (prokes) pakai masker bila keluar rumah dan di tempat kerja, selalu menjaga jarak (Physical Distancing), sering mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. (Sandar Nababan)